Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Kalimantan Selatan, dipilih oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk melaksanakan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka tahun 2024 (PMM 4).

"Hari ini ULM selaku perguruan tinggi penerima PMM 4 telah melaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama dengan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek terkait pelaksanaan PMM 4," kata Wakil Rektor 1 Bidang Akademik ULM Iwan Aflanie di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: ULM terima 128 mahasiswa PMM dari 69 perguruan tinggi di Indonesia

Iwan mengatakan bahwa awalnya sebanyak 210 perguruan tinggi yang dipertimbangkan untuk melaksanakan PMM 4, namun hanya 128 kampus yang akhirnya dipilih untuk melaksanakan program ini, termasuk ULM.

Atas keberhasilan terpilihnya ULM mengikuti PMM tahun ini, dia mengapresiasi seluruh tim ULM yang selama ini telah mendukung keberhasilan pelaksanaan PMM dari tahun ke tahun yang menjadi bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Baca juga: ULM berikan strategi pembelajaran mandiri implementasi MBKM

Iwan menegaskan ULM siap menerima mahasiswa dari seluruh Nusantara untuk belajar banyak hal di "Bumi Lambung Mangkurat" Kalimantan Selatan dengan segala khazanah dan kekayaan alam serta adat budaya masyarakatnya yang beragam.

"Begitu juga mahasiswa ULM yang nantinya terpilih mengikuti program ke kampus lain sangat antusias untuk bisa merasakan pengalaman luar biasa di daerah lain sebagai bekal meningkatkan wawasan kebangsaan, integritas, dan solidaritas melalui pembelajaran antarbudaya," katanya.

Baca juga: ULM kirim mahasiswa mengajar anakTKI di daerah terpencil Malaysia

Diketahui pada tahun 2023 lalu, ULM sebagai perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di Pulau Kalimantan dengan akreditasi A dan masuk klaster mandiri menerima sebanyak 128 mahasiswa dari 69 perguruan tinggi di Indonesia dalam program PMM.

Pada saat bersamaan ULM juga mengirimkan sebanyak 195 mahasiswanya untuk belajar di 54 perguruan tinggi di Indonesia dalam program PMM.

Pewarta: Firman
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024