Telkom penetrasi ke Malaysia

Telkom penetrasi ke Malaysia

Kiri ke kanan CEO PT Telkom Arief Yahya, Dubes Indonesia untuk Malaysia , Herman Prayitno, Menteri Komunikasi dan Multimedia Malaysia Dato Seri Ahmad Shabery Cheek dan Kuasa Usaha KKM Dato Sri Kamarudian Siaraf pada konferensi pers konser musik Telkom yang bertajuk "Harmony & Unity" di Kualalumpur, Malaysia, Minggu (25/8). PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk (Telkom) melalui anak usahanya Telekomunikasi Indonesia International (Sdn Bhd) atau Telin Malaysia siap beroperasi di Malaysia, dibuktikan dengan diterimanya lisensi dari pemerintah Malaysia untuk menjalankan layanan Mobile Virtual Network Operator (MVNO). (ANTARA FOTO/pandu dewantara)

Kuala Lumpur (ANTARA News) - PT Telkom Indonesia Tbk melakukan penetrasi ke pasar seluler Malaysia melalui layanan mobile virtual network operator (MVNO) dengan target pasar wisatawan kedua negara dan WNI yang tinggal di negara itu.

"Kita akan sasar para wisatawan baik dari Indonesia maupun Malaysia, disamping warga negara Indonesia yang telah menetap di negara ini," kata Direktur Utama PT Telkom Indonesia Arief Yahya seusai penandatanganan kemitraan dengan para mitra Telekomunikasi Indonesia Internasional (M) Sdn Bhd, anak perusahaan PT Telkom di Kuala Lumpur, Minggu.

Terkait dengan itu, kata dia, Telin Malaysia akan bekerja sama dengan perusahaan biro perjalanan wisata agar para wisatawan yang berkunjung ke Malaysia dan Indonesia dapat lebih mudah untuk berkomunikasi.

Menurut dia, potensi pasar wisatawan dari Indonesia ke Malaysia dan sebaliknya cukup besar mencapai empat juta orang namun pasar tersebut juga disasar oleh perusahaan jasa telekomunikasi lainnya yang ada di negara ini.

"Bagi kami yang terpenting adalah bagaimana memberikan pelayanan yang terbaik buat konsumen. Dan kami sangat paham sekali dengan orang Indonesia," ungkapnya.

Kepada konsumen nantinya akan disiapkan fasilitas-fasilitas yang menarik seperti lagu-lagu Indonesia, video, dan lainnya yang bisa dinikmati melalui handphone.

Disamping itu, kata dia, fasilitas lainnya adalah untuk mempermudah pengiriman uang melalui saluran telekomunikasi yang dimiliki oleh Telkom Indonesia.

"Dengan teknologi yang tersedia, maka tentunya pengiriman uang bisa lebih murah dan cukup melalui handphone saja," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama Telin Malaysia Oki Wiranto menjelaskan bahwa penetrasi pasar Malaysia merupakan serangkaian upaya PT Telkom Indonesia melebarkan sayapnya ke sejumlah negara yang terdapat banyak WNI.

"Kita punya target ke 10 negara yaitu Singapura, Hongkong, Australia, Timor Leste, Malaysia, Taiwan, Makao, Arab Saudi, Korea dan Amerika Serikat," kata Oki.

Untuk pasar Malaysia, kata Oki, produk MVNO yang akan dilepas adalah kartuAS dan berbasis prabayar.

"Kartu ini bisa dijual ke semua orang di Malaysia. Tak sebatas hanya untuk TKI atau WNI di Indonesia," paparnya.

Kartu tersebut dijual sekitar 10 ringgit dengan delapan ringgit pulsa didalamnya serta sejumlah fasilitas sms gratis dan lainnya.

Guna mempromosikan kehadiran pelayanan Telkom Indonesia di Malaysia akan dilakukan pergelaran musik dari dua negara.

Dalam acara yang berlangsung malam ini akan tampil dari Indonesia artis Ahmad Dhani dan Rossa, sedangkan dari Malaysia ditampilkan Ella, Search dan Siti Nurhaliza.

Pewarta: N. Aulia Badar
Editor: Suryanto
COPYRIGHT © ANTARA 2013

Mendorong ‘Making Indonesia 4.0’ melalui Lab Komunitas TIP

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE

Komentar