Samarinda (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) menghibahkan 69 unit ambulans kepada kelompok masyarakat di provinsi tersebut melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023, sebagai bentuk perhatian terhadap kedaruratan kesehatan warga.
 
"Kami sudah menyelesaikan proses administrasi dan verifikasi berkas-berkas sesuai dengan aturan yang berlaku. Alhamdulillah, semua sudah lengkap, jadi kami selesaikan hari ini pada penyerahan terakhir dari APBD 2023," ujar Kepala Dinas Kesehatan Kaltim Jaya Mualimin usai prosesi penyerahan 16 unit ambulan di Samarinda, Jumat.
 
Jaya mengatakan pembagian ambulans yang dilakukan secara bertahap tersebut, di antaranya merupakan tindak lanjut dari usulan yang diajukan melalui pokok -pokok pikiran DPRD Kaltim.

Baca juga: Pemprov Kaltim salurkan 60 ambulans untuk kegiatan sosial
 
Ia berharap ambulans ini dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan yang cepat dan tepat, terutama di daerah-daerah yang sulit dijangkau.
 
"Salah satu tujuan kami memberikan ambulans ini untuk mengurangi angka kematian ibu dan bayi, serta stunting yang masih menjadi permasalahan kesehatan di Kalimantan Timur," katanya.
 
Dengan adanya ambulans ini, imbuhnya, masyarakat bisa segera mengirim pasien ke pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) atau rumah sakit terdekat.
 
Jaya mengungkapkan pihaknya memiliki rencana untuk melatih para pengemudi ambulans agar bisa memberikan pertolongan pertama kepada pasien, seperti mengatasi henti napas atau pendarahan.
 
"Kami juga ingin bekerja sama dengan Grab, karena mereka memiliki fitur untuk menghubungkan antara ambulans dan pasien. Jadi, kalau ada yang membutuhkan ambulans, tinggal klik aplikasi dan ambulans yang paling dekat akan datang," ujarnya.
 
Ia berharap kerja sama antara Dinas Kesehatan Kaltim dan Grab bisa segera terwujud, sehingga pelayanan kesehatan di Kalimantan Timur bisa semakin sigap dalam menghadapi keadaan darurat kesehatan masyarakat.
 
Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Akhmed Reza Fachlevi menuturkan bahwa penyerahan ambulans tersebut merupakan salah satu komitmen DPRD Kaltim terhadap konstituen.

Baca juga: Kemendagri apresiasi Pemprov Kaltim tuntaskan kemiskinan ekstem

Baca juga: Pemprov Kaltim membantu pertanian Penajam jadi lumbung pangan
 
Ia mengatakan ambulans ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat di desa, karena kebetulan desa yang menerima tersebut tidak memiliki kendaraan khusus untuk mengangkut jenazah atau pasien yang membutuhkan perawatan medis.
 
"Ini tentu akan memberikan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan kesehatan, baik untuk berobat ke rumah sakit maupun untuk mengurus jenazah yang ingin dimakamkan," ujar Reza.
 
Ia menambahkan ambulans ini juga dapat digunakan untuk kegiatan sosial lainnya yang berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat seperti membantu korban bencana alam atau kebakaran.
 
Ia berpesan kepada masyarakat agar menjaga dan merawat ambulans ini dengan baik serta menggunakannya sesuai dengan keperluan.

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024