Unand akan menjadi lembaga riset dan inovasi responsif terhadap kebutuhan masyarakat dan pasar global
Padang (ANTARA) - Rektor Universitas Andalas (Unand) Sumatera Barat (Sumbar) Efa Yonnedi menargetkan dalam lima tahun ke depan perguruan tinggi tertua di luar Pulau Jawa tersebut menjadi pusat pendidikan berstandar internasional.

"Fokus utama kita adalah pada internasionalisasi, reformasi kurikulum dan peningkatan kapasitas serta inovasi dosen untuk memberikan pengalaman belajar yang lebih baik kepada mahasiswa," kata Rektor Unand Efa Yonnedi di Padang, Jumat.

Selain itu, untuk mewujudkan perguruan tinggi bertaraf internasional, eks konsultan Bank Dunia tersebut akan menggabungkan pembelajaran digital termasuk memperluas serta memastikan akses pendidikan yang lebih luas.

Unand kata dia, akan menjadi lembaga riset dan inovasi yang responsif terhadap kebutuhan masyarakat dan pasar global. Melalui skema riset terpadu, kolaborasi dengan berbagai lembaga serta riset multidisiplin berbasis klaster, kampus itu diharapkan menjadi sumber pengetahuan yang inovatif.

Sebagai lembaga pendidikan yang juga bertanggung jawab secara sosial, Unand juga aktif dalam berbagai program pemberdayaan masyarakat. Penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi di lingkungan kampus dan aplikasi kewirausahaan sosial akan menjadi sarana untuk mencapai tujuan tersebut.

Dalam aspek tata kelola, sambung dia, kampus yang diresmikan Wakil Presiden RI kedua tersebut akan melakukan transformasi struktur organisasi, implementasi sistem informasi terintegrasi, dan penguatan sistem manajemen kinerja dan keuangan.

"Pengembangan sumber daya manusia juga akan diperkuat melalui cetak biru pengembangan sumber daya manusia, dan program pengembangan eksekutif," ujarnya.

Tidak hanya itu, Unand juga akan memperkuat jaringan dan kemitraan untuk memperluas dukungan terhadap berbagai kegiatan universitas. Unand juga diarahkan menjadi lembaga yang mampu melakukan optimalisasi layanan pendidikan, mengembangkan revenue generating melalui unit usaha dan bisnis, serta optimalisasi aset.

"Dengan semangat baru dan tekad bersama, mari kita wujudkan Unand sebagai pusat pendidikan dan riset yang memberikan dampak positif bagi masyarakat dan dunia," seru dia.

Terakhir, kampus tersebut akan terus berinovasi dalam segala aspek yang meliputi pengembangan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan industri dan masyarakat termasuk pemanfaatan teknologi informasi yang canggih, serta pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Kita menyakini dengan berinovasi, Unand dapat menghadapi tantangan dan perubahan yang terus berkembang," ucap Rektor.

Baca juga: 167 mahasiswa Unand terima beasiswa dari Bank Mayapada

Baca juga: Unand gaet mahasiswa asing untuk jadi duta di kancah global

Baca juga: Guru Besar Unand diminta perkuat jaringan untuk pemanfaatan riset

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024