Jakarta (ANTARA) - Kegiatan para pasangan calon peserta Pilpres 2024 terbagi menjadi dua pada hari ke-55 masa kampanye, Minggu (21/1), para calon presiden (capres) sibuk berkampanye; sementara calon wakil presiden (cawapres) absen sejenak dari agenda kampanye.

Ketiga capres melanglang ke berbagai kota sebelum kemudian kembali ke Jakarta; sedangkan cawapres-nya fokus menghadapi debat keempat yang digelar oleh KPU RI. Adapun tema debat keempat meliputi energi, sumber daya alam (SDA), pangan, pajak karbon, lingkungan hidup, agraria, dan masyarakat adat.

Berikut rangkuman kegiatan tiga pasangan capres dan cawapres pada hari ke-49 masa kampanye untuk kembali Anda simak.

Anies-Muhaimin

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan memulai kampanye akbar perdana di Lapangan Batako Pinang, Kota Tangerang, Banten, Minggu (21/1). Ia berorasi di panggung kampanye menggunakan kaos bertulis "Adil Makmur untuk Semua".

Kampanye akbar itu diikuti ribuan pendukung dan simpatisan pasangan calon Anies-Muhaimin (AMIN), serta partai pengusung dalam Koalisi Perubahan. Salah satu yang ia tegaskan dalam orasinya adalah semangat para relawan untuk memenangkan AMIN tidak bisa dibeli dengan uang.

Anies juga berkunjung ke Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Wahidin Halim, Pondok Pinang Tangerang, Banten. Di sana, dia membakar semangat para santri untuk menyelesaikan pendidikan di pondok dengan kerja keras hingga tuntas.

Malam harinya, Anies mendampingi Muhaimin Iskandar untuk debat keempat di Jakarta Convention Center (JCC). Anies-Muhaimin tiba dengan menggunakan mobil berwarna hitam sekitar pukul 18.30 WIB. Mereka berdua tampak mengenakan setelan jas berwarna hitam.

Cawapres nomor urut 1 itu mendapat giliran pertama untuk memaparkan visi, misi, dan programnya. Pada segmen itu, Muhaimin mengingatkan kembali pesan pendiri Nahdlatul Ulama (NU) K.H. Hasyim Asy'ari bahwa petani adalah penolong negeri.

Muhaimin juga mengajak seluruh pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk melakukan tobat ekologis. Ia mengingatkan bencana ekologis dan krisis lingkungan terjadi di mana-mana tanpa harus menyalahkan siapa pun, sehingga perlu diantisipasi bersama secara baik.

Prabowo-Gibran

Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto menyempatkan diri menghadiri dua pertemuan di Majalengka dan Cibinong, Jawa Barat, sebelum menghadiri debat antar-cawapres.

Di Majalengka, Prabowo bersilaturahmi dengan warga di Lapangan Sepak Bola Jatipamor pada Minggu pagi. Ia didampingi oleh mantan politikus PDI Perjuangan Maruarar Sirait yang diketahui telah mendeklarasikan dukungannya kepada Prabowo.

Prabowo kemudian menyambangi e Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Minggu siang, untuk bertemu anggota Koperasi Mekar Digital Sejahtera (MDS Coop) 2024. Diketahui, Prabowo merupakan Ketua Dewan Kehormatan MDS Coop.

Dari Stadion Pakansari, Prabowo bertolak kembali ke kediaman pribadinya di Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta. Dari rumahnya itu, Prabowo bersama calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka berangkat ke JCC.

Prabowo dan Gibran tiba di JCC pada pukul 18.53 WIB. Keduanya kompak mengenakan kemeja biru dan celana hitam. Namun, pada saat sesi debat, Gibran berganti kostum dengan mengenakan jaket berlambang anime “Naruto”.

Dalam debat, Gibran menyinggung soal lapangan kerja “green jobs”. Menurut Gibran, lima juta green jobs bagi generasi muda dan kaum perempuan akan tercipta jika agenda hilirisasi, pemerataan pembangunan, hingga transisi menuju energi hijau bisa dikawal.

Gibran juga kembali menyinggung hilirisasi. Ia bahkan mengatakan dirinya tidak akan bosan membahas hilirisasi yang menjadi program prioritasnya bersama Prabowo. Dengan hilirisasi, kata dia, Indonesia akan meningkatkan nilai tambah dalam negeri dan akan membuka lapangan kerja seluas-luasnya.

Ganjar-Mahfud

Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo secara maraton melakukan kampanye terbuka "Hajatan Rakyat" Pemilu 2024 di Bandung, Jawa Barat, dan Sidoarjo, Jawa Timur.

Ganjar menghadiri "Hajatan Rakyat" di Kota Bandung, Jawa Barat, sekitar pukul 12.00 WIB. Kemudian ia menghadiri hajatan serupa di Sidoarjo yang berlangsung mulai pukul 14.30 WIB dan Ganjar tiba sekitar pukul 15.00 WIB.

Di Bandung, Ganjar ditemani oleh Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri. Ganjar menyatakan komitmennya untuk menyejahterakan rakyat Indonesia dengan beragam program, seperti beras murah, pendidikan gratis, layanan kesehatan, serta memberantas korupsi.

Setelah itu, Ganjar menemani cawapres nomor urut 3 Mahfud MD untuk debat keempat di JCC. Tiba pukul 18.19 WIB, Ganjar dan Mahfud tampil dengan kostum ala pencinta alam dengan kemeja lengan panjang berwarna hijau yang dibalut halsduk warna senada dan celana hitam.

Salah satu hal yang dikemukakan Mahfud saat debat adalah penertiban birokrat dan aparat penegak hukum sebagai salah satu solusi untuk menyelesaikan masalah agraria di Indonesia. Mahfud pun mengatakan pedang hukum harus tajam untuk membabat habis berbagai halangan dan rintangan pembangunan di Indonesia.

Di akhir debat, Mahfud mengutip lirik lagu Ebiet G. Ade yang berjudul "Berita Kepada Kawan". Ia menyampaikan permintaan maaf kepada masyarakat yang tidak bisa berbuat apa-apa saat terjadi kerusakan alam.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024