Jakarta (ANTARA) - Turnamen Indonesia Masters 2024 siap bergulir pada pekan ini, yakni pada 23-28 Januari di Istora Senayan Jakarta, serta menghadirkan sederet pemain top dunia.

Ketua Panitia Pelaksana Indonesia Masters 2024 Armand Darmadji dalam konferensi pers di Jakarta, Senin, mengatakan sebanyak 278 pemain dari 29 negara hadir pada turnamen BWF Super 500 tersebut.

“Negara yang hadir mengirimkan pemain terbaiknya, bisa disebut Taiwan datang dengan kekuatan terbesar dengan membawa 36 pemain, menyusul China (34), Malaysia (26), Jepang (22), Denmark (22), Thailand (14), Amerika Serikat (10), dan India (9). Sementara, tuan rumah Indonesia menyertakan 34 pemain,” kata Armand.

Adapun pemain-pemain dalam negeri yang ikut bersaing pada turnamen ketiga pada 2024 itu adalah Jonatan Chistie, Anthony Sinisuka Ginting, Chico Aura Dwi Wardoyo di sektor tunggal putra, lalu ada pula tunggal putri Gregoria Mariska Tunjung.

Lebih lanjut, ada juga Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Leo Rolly Camando/Daniel Marthin, dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di sektor ganda putra.

Selain itu, turun pula ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, serta Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati, serta Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja di nomor ganda campuran.

Selain menghadirkan aksi dari para pemain top dalam dan luar negeri, Indonesia Masters 2024 juga merupakan salah satu ajang kualifikasi menuju Olimpiade 2024 Paris, total 9.200 poin ranking, serta memperebutkan prize money dengan total mencapai 420.000 dolar AS atau sekitar (Rp6,3 miliar).

Baca juga: Pelatih soroti performa ganda putra di dua turnamen pembuka 2024

Armand menambahkan, animo masyarakat juga sangat besar untuk kembali menyaksikan laga-laga bulu tangkis kelas dunia di Istora.

Terbukti penjualan tiket untuk menonton turnamen ini ia sebut laris manis, dengan tiket hari final masih tersedia untuk dibeli di ticket box.

“Kami juga terus meningkatkan kualitas dan fasilitas seperti menambah tenant-tenant yang lebih variatif di Istora dengan berkolaborasi bersama UMKM-UMKM,” kata Armand.

“Terakhir, kami berharap turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2024 mencapai dwi sukses, yaitu sukses prestasi dan sukses penyelenggaraan,” ujarnya menambahkan.

Baca juga: Ginting berharap tampil lebih baik di Indonesia Masters 2024
Baca juga: Bagas/Fikri siap bangkit di Indonesia Masters


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024