Jadi dalam waktu sehari antusiasme masyarakat Lampung seperti ini, luar biasa
Lampung (ANTARA) - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo tak dapat menyembunyikan kekaguman saat melihat antusiasme warga yang meramaikan kampanye terbuka hari kedua "Hajatan Rakyat" di Lapangan Expo Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Senin siang.

"TPN (Tim Pemenangan Nasional) memberikan jadwal ke sini memang mepet, karena saya bilang, 'Saya mau ke Lampung, bisa nggak?' TPN cepat banget bergerak, tapi waktunya cuma sehari. Jadi dalam waktu sehari antusiasme masyarakat Lampung seperti ini, luar biasa," kata Ganjar saat menemui awak media usai menyapa massa pendukungnya.

Menurut dia, antusiasme warga yang ditunjukkan dalam kampanye akbar tersebut memberikan gambaran bahwa seluruh lapisan masyarakat di Lampung siap menyambut pesta demokrasi pada 14 Februari.

"TPD (Tim Pemenangan Daerah) berarti siap, partai pengusung siap, warga juga berarti siap. Saya menyampaikan terima kasih untuk warga Lampung telah menyambut yang sebagian besar ibu-ibu. Mereka luar biasa," paparnya

Pada kesempatan tersebut, Ganjar juga memaparkan pentingnya memberikan edukasi terhadap masyarakat terkait tata cara yang benar dalam mencoblos surat suara kala hari pemilihan.

"Kami ingin memberikan visual kepada seluruh calon pemilih bahwa begitulah cara mencoblos. Harapan saya, mereka akan mulai terbiasa dan terinternalisasi sehingga nanti tidak akan ada lagi kesulitan cara mencoblos," imbuhnya.

Baca juga: Ganjar Pranowo kritik jalan rusak di Lampung Selatan

Baca juga: Sambangi ponpes, Ganjar terima aspirasi soal Undang-Undang Pesantren


Tak hanya menjelaskan soal tata cara benar dalam mencoblos, Ganjar juga mengingatkan setiap pihak untuk menjaga Pemilu dari kecurangan dan pada saat bersamaan menyiapkan tim pemantau.

"Kepada kawan-kawan yang menjaga TPS (Tempat Pemungutan Suara), termasuk nanti rekap dalam setiap tahapan, ini butuh pengawasan yang sangat serius. Jadi jangan sampai ada kecurangan di sana. Kami sudah siapkan tim untuk memantau teknologi informasi agar ketika hitungan ini sudah sesuai, maka tidak ada lagi yang mengganggu," ujarnya.

Ganjar menekankan bahwa berbekal strategi tersebut, maka pihaknya akan berupaya untuk menjaga suara-suara sejak dari tingkatan TPS hingga ke tahap teratas yaitu rekapitulasi terakhir.

"Tentu saja sistem teknologi informasi inilah yang publik harus mengawasi semua. Saya mengingatkan kepada seluruh warga, ayo kita awasi, ayo kita jaga, agar tidak ada kecurangan yang ada di sana," tandas dia.

Baca juga: Ganjar nilai publik bisa cermati inti debat pamungkas cawapres

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara.

Pewarta: Ahmad Faishal Adnan
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024