Madiun (ANTARA) - Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (Dinkes-PPKB) Kota Madiun, Jawa Timur, mencatat pelaksanaan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio putaran pertama di wilayah setempat mencapai 108,3 persen dari total sasaran 18.452 anak usia 0-7 tahun.

"Capaian Sub PIN Polio tahap pertama berdasarkan sasaran proyeksi Kota Madiun sudah 108,3 persen atau sebanyak 19.986 anak dari total sasaran 18.452 anak. Keberhasilan ini berkat dukungan semua pihak," ujar Kepala Dinkes-PPKB Kota Madiun, dr. Denik Wuryani, Senin.

Menurut dia, pelaksanaan Sub PIN Polio tahap pertama berlangsung pada 15-21 Januari 2024. Meski begitu bukan berarti imunisasi selesai. Pihaknya menyebut Dinkes saat ini sedang melakukan pendataan ulang anak yang belum diimunisasi.

Sebab, tidak menutup kemungkinan masih ada yang tertinggal. Salah satunya, karena sakit atau alasan lain sehingga tidak bisa diberikan imunisasi sesuai jadwal.

Baca juga: Sub PIN Polio putaran 1 di Probolinggo capai 97,03 persen

Baca juga: Dinas Kesehatan Sleman lakukan Sub-PIN tetes polio


"Mulai hari Senin ini, masih dilakukan penyisiran dan setelahnya vaksinasi susulan bagi mereka yang belum diimunisasi karena sakit dan sebagainya," kata dia.

Imunisasi susulan Sub PIN Polio tersebut akan dijadwalkan serentak pada Selasa 23 Januari dan Rabu 24 Januari di Puskesmas.

Bagi anak yang belum mendapatkan tetes polio, diharapkan orang tua bisa mengantarkan ke Puskesmas terdekat. Pihaknya menyebut sengaja menjadwalkan serentak untuk efisiensi penggunaan vaksin.

"Satu botol vaksin bisa untuk 50 anak dan kalau sudah dibuka harus dihabiskan. Makanya kita jadwal ulang bagi yang belum mendapatkan. Imunisasi susulan serentak pada Selasa dan Rabu besok di Puskesmas," katanya.

Pemberian vaksin polio wajib dilakukan bagi sasaran anak usia 0-7 tahun, tanpa memandang status imunisasi sebelumnya berdasarkan surat dari Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor: IM.02.03/Menkes/1051/2023 tanggal 29 Desember 2023 perihal Pelaksanaan Sub PIN dalam rangka penanggulangan Kejadian Luar Biasa Polio cVDPV2.

Sub PIN Polio 2024 dilaksanakan dua kali putaran. Putaran kedua direncanakan pada 19-25 Februari 2024. Adapun, vaksin yang digunakan dalam kegiatan itu adalah "Noval Oral Polio Vaccine Type 2" (nOPV2) yang diberikan secara gratis.*

Baca juga: Kemenkes: Cakupan Sub PIN Polio hari keempat capai 76,9 persen

Baca juga: Kemenkes minta pemerintah daerah tingkatkan sosialisasi Sub PIN Polio

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024