Bogor (ANTARA) - Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) menggelar kompetisi Nusantara Volleyball 2024 untuk mengawali kalender kompetisi pada tahun 2024.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Umum PBVSI, Komjen Pol (Purn) Imam Sudjarwo dalam perayaan ulang tahun yang berlangsung di Padepokan Voli Jenderal Polisi Kunarto, Sentul, Bogor, Senin.
​​​​​​​
"PBVSI dalam tahun 2024 ini secara penuh setelah pemilu tanggal 14 Februari, akan menyelenggarakan kompetisi hingga Desember. Nanti pada bulan Februari minggu ketiga kami akan melaksanakan Nusantara Volleyball di Sumedang, empat tim putra dan empat tim putri, kemudian di Magetan empat tim putra dan empat tim putri dan final ada di Yogyakarta. Kompetisi mengawali 2024," kata Imam Sudjarwo.

Penyelenggaraan kompetisi di tahun ini akan berlangsung di minggu ketiga pada bulan Februari karena alasan keamanan yang menyangkut dengan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Nusantara Volleyball 2024 juga menjadi kompetisi untuk pembinaan atlet muda dan program regenerasi.

Mengenai tim yang akan bermain, Nusantara Volleyball akan diikuti sebanyak delapan tim putra dan delapan tim putri yang nantinya akan dibagi ke dalam dua pul, dimana masing-masing pul berisi empat tim. Untuk format kompetisi akan menerapkan format yang sama dengan Proliga, dua tim teratas di pul akan masuk ke dalam babak final four.

Menurut Imam Sudjarwo serangkaian turnamen dalam kalender 2024 ini menjadi titik awal Indonesia untuk meraih prestasi dan menuju Olimpiade Brisbane Australia 2032. Selain Nusantara Volleyball, PBVSI akan melangsungkan turnamen seperti Proliga, Livoli dan kini bersiap untuk menjadi tuan rumah Mens Asian Volleyball U-20 Championship atau Kejuaraan Bola Voli AVC U-20 yang akan berlangsung pada 23-30 Juni 2024 mendatang.

"Di 2024 ada Proliga, lanjut lagi Asia U-20 nanti di Surabaya. Program rutin PBVSI seperti Livoli U-17 dan U-19. Itu semua untuk Olimpiade Brisbane tahun 2032. Targetnya kita masuk dulu. Tidak mudah, makanya kita harus persiapkan sebaik-baiknya pada tahun 2024. Ini adalah titik awal kita meraih prestasi," kata Imam Sudjarwo.

Baca juga: HUT ke-69, PBVSI usung semangat tembus Olimpiade 2032
​​​​​​​
Baca juga: Buka 2024, timnas voli Indonesia berada di peringkat 52

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024