Jakarta (ANTARA) - Mulai akhir Januari 2024, para musisi di Apple Music akan mendapatkan bonus pembayaran royalti hingga 10 persen untuk semua lagu yang juga tersedia dalam versi format audio spasial yang didukung Dolby Atmos, sebagaimana dilaporkan laman The Verge, Selasa.

“Perubahan ini tidak hanya dimaksudkan untuk memberikan penghargaan kepada konten yang berkualitas lebih tinggi, tetapi juga untuk memastikan bahwa para artis mendapatkan kompensasi atas waktu dan investasi yang mereka keluarkan untuk meracik di Spatial,” bunyi sebuah surat yang dikirimkan oleh Apple Music kepada para mitranya, Senin (22/1).

Bloomberg melaporkan pada bulan Desember bahwa Apple berencana untuk menawarkan insentif finansial bagi musisi dan label rekaman untuk merilis lagu dalam format yang didukung Dolby Atmos. Sebagian besar smartphone, tablet, dan earbud nirkabel baru telah memuji dukungan audio spasial sebagai nilai jual.

Baca juga: Apple Music kurangi masa "free trial"

Semua perangkat baru Apple mendukung audio spasial, di seluruh jajaran AirPods, iPhone, iPad, Mac, Apple TV, dan HomePod. Semua iPhone XS atau yang lebih baru (selain iPhone SE) dapat mendukung format ini, begitu juga dengan ponsel Samsung Galaxy dan Pixel terbaru.

Semakin banyak lagu baru yang dirilis hari ini yang sudah tersedia dalam Dolby Atmos dan stereo. Menurut catatan dari Apple Music, ada lima ribu persen lagu yang tersedia dalam audio spasial sejak peluncuran fitur tersebut pada tahun 2021, tetapi Apple tidak memberikan angka pasti tentang peningkatan tersebut.

Selain katalog Apple Music yang terus bertambah, audio spasial juga tersedia di Tidal dan Amazon Music Unlimited, serta platform video streaming seperti Netflix dan HBO Max.

Sementara itu, Spotify belum meningkatkan penawaran audionya dengan cara yang sama. Perusahaan asal Swedia ini telah menjanjikan tingkat HiFi premium sejak 2021, tetapi masih belum ada tanggal rilisnya.

Spatial Audio secara resmi diluncurkan pada tanggal 7 Juni 2021. Format yang memberikan pengalaman suara surround di headphone pengguna ini ditawarkan tanpa biaya tambahan untuk pengguna Apple Music, tampaknya untuk mempercepat adopsi.

Sebagai bagian dari upaya ini, trek Spatial Audio juga menikmati peningkatan visibilitas di halaman beranda aplikasi, bahkan lebih tinggi daripada rilis musik baru. Pengadopsi awal format ini termasuk Taylor Swift, Katy Perry, The Weeknd, Billie Eilish, J. Cole, dan Post Malone.

Baca juga: Apple Music umumkan fitur daftar putar musik kolaboratif 

Baca juga: Apple Music Replay mulai hadir, Spotify Wrapped segera menyusul

Baca juga: Apple Music Classical untuk iPad telah hadir


Penerjemah: Pamela Sakina
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024