Jakarta (ANTARA) -
Apple mengumumkan bahwa pelanggan Apple Music kini memiliki akses ke daftar putar kolaboratif dengan peluncuran iOS 17.3.
 
Seperti namanya, fitur baru ini memungkinkan pengguna berkolaborasi dalam playlist bersama teman dan keluarga. Pengguna dapat saling mengundang untuk memilih lagu untuk playlist bersama. Fitur ini juga memungkinkan Anda menggunakan emoji untuk bereaksi terhadap lagu tertentu.
 
Dikutip laman Tech Chrunch pada Selasa, fitur baru ini adalah cara mudah untuk berbagi lagu dengan orang lain di satu tempat. Selain itu, ini dapat digunakan untuk merencanakan soundtrack untuk hal-hal seperti pesta atau malam permainan.

Baca juga: Apple uji coba tiga aplikasinya di Windows 11
 
Peluncuran fitur baru ini terjadi beberapa bulan setelah Spotify meluncurkan fitur playlist kolaboratif yang disebut “Jam.”
 
Untuk memulai fitur ini, Anda perlu menavigasi ke daftar putar dan mengeklik tombol “collaborate" baru yang muncul di sebelah ikon unduh di kanan atas layar Anda. Anda kemudian dapat mengundang orang ke daftar putar.
 
Pengguna yang diundang akan menerima SMS untuk bergabung ke playlist. Setiap orang di playlist memiliki opsi untuk menambah, menghapus, atau menyusun ulang lagu.
 
Daftar putar kolaboratif awalnya diharapkan diluncurkan bersamaan dengan iOS 17 , tetapi Apple sebelumnya mencatat bahwa hal itu ditunda hingga tahun 2024.
 
Apple juga mengumumkan bahwa pengguna kini dapat berkontribusi pada apa yang diputar di mobil dengan SharePlay. Saat pengguna berada di dalam mobil dan streaming musik melalui Apple Music, perangkat iPhone tepercaya lainnya akan mendapat undangan untuk bergabung dalam sesi tersebut.
 
Pendengar kemudian dapat mengontrol musik dari perangkat mereka sendiri, meskipun mereka tidak memiliki langganan Apple Music.
 
Peluncuran iOS 17.3 juga menghadirkan fitur Perlindungan Perangkat yang Dicuri dari Apple, yang membantu mencegah pencuri mengakses informasi Anda.
 
Untuk mengaktifkan Perlindungan Perangkat yang Dicuri, Anda perlu masuk ke pengaturan lalu ketuk “ID Wajah & Kode Sandi.” Anda kemudian perlu memasukkan kode sandi perangkat Anda, ketuk untuk mengaktifkan Perlindungan Perangkat yang Dicuri. Fitur tersebut harus diaktifkan sebelum perangkat hilang atau dicuri agar dapat berfungsi.

Baca juga: Apple Music Replay mulai hadir, Spotify Wrapped segera menyusul

Baca juga: Apple Music Classical untuk iPad telah hadir

Baca juga: Pertumbuhan konsumsi musik daring di Indonesia tinggi

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024