Organisasi sepak bola ini selalu menghormati saya sehingga saya merasa tersanjung dan bersedia bermain terus bersama mereka
Los Angeles (ANTARA News) - Pemain depan Amerika Serikat Landon Donovan setuju memperpanjang kontrak "multi-years" dengan LA Galaxy, sehingga membuyarkan spekulasi pemain itu akan mencari tantangan lain di klub asing.

Donovan, pencetak gol terbanyak Galaxy sepanjang masa dengan 99 gol dalam 210 pertandingan, kelihatannya kini akan bermain sampai akhir karirnya di Los Angeles pada kompetisi sepak bola Major League Soccer (MLS).

"Organisasi sepak bola ini selalu menghormati saya sehingga saya merasa tersanjung dan bersedia bermain terus bersama mereka," kata Donovan (31) dalam pernyataan yang dikeluarkan klub, Rabu.

"Kesempatan bermain dalam klub yang saya cintai, kemudian menjadi juara, dan disukai penonton yang juga dekat dengan keluarga saya, merupakan mimpi yang menjadi kenyataan," katanya.

Donovan, yang pernah disewa klub Liga Utama Inggris Everton dan klub Jerman Bayern Muenchen di masa lalu, akan menjadi pemain bebas mulai Desember mendatang.

"Kami senang Landon memperpanjang kontrak bersama Galaxy," kata pelatih kepala dan manajer umum Bruce Arena, "Ia pemain hebat dalam sejarah sepak bola di negara kami."

"Kesepahaman kontrak ini menunjukkan bahwa kami memiliki komitmen untuk maju terus dalam kompetisi, seperti yang sudah kami lakukan selama ini," katanya.

Donovan, diyakini merupakan salah satu pemain terbaik yang dihasilkan Amerika Serikat, melakukan rehat panjang setelah timnya meraih Piala MLS pada Desember lalu, tapi kemudian kehilangan tempat dalam tim nasional.

Tapi ia tampil lagi di kancah internasional pada turnamen Piala Emas CONCACAF baru-baru ini dan sebagai pencetak gol bersama terbanyak dalam turnamen itu dengan lima gol, menolong tim Juergen Klinsmann itu meraih gelar mereka.

Kehilangan Donovan bisa jadi merupakan pukulan besar bagi Galaxy, setelah pemain bintang Inggris David Beckham meninggalkan klub itu musim lalu.

Stiker dari Irlandia Robbie Keane tetap bersama klub itu menemani Donovan tetapi janji klub untuk memboyong pemain besar lainnya menggantikan Beckham masih belum terwujud.

Pemain bintang Brazil Kaka dari Real Madrid dan pemain tengah Inggris Frank Lampard dari Chelsea disebut-sebut akan pindah ke Los Angeles, tapi klub sebaliknya memperpanjang kontrak pemain lama Omar Gonzalez, sebelum Donovan.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013