Jangan takut minum tablet tambah darah, karena konsumsi tablet tambah darah, khususnya bagi pelajar putri sangat disarankan, karena setiap bulan remaja putri kehilangan banyak darah akibat menstruasi
Jakarta (ANTARA) - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Aceh memberikan tablet tambah darah kepada 3.000 siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Kota Banda Aceh, sekaligus memberikan edukasi tentang gizi dan pencegahan anemia.

"Jangan takut minum tablet tambah darah, karena konsumsi tablet tambah darah, khususnya bagi pelajar putri sangat disarankan, karena setiap bulan remaja putri kehilangan banyak darah akibat menstruasi," ujar Kepala BKKBN Aceh Safrina Salim dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Safrina menjelaskan pemberian tablet tambah darah yang dilakukan pada Senin (22/1) tersebut sangat penting untuk mencegah anemia, terutama pada masa kehamilan guna mencegah stunting.

"Berkurangnya volume darah di dalam tubuh membuat wanita rentan mengalami anemia. Apabila sejak remaja sudah menderita anemia, maka akan memiliki risiko tinggi mengalami anemia juga ketika masa kehamilan," katanya. 

Baca juga: Kemenkes: Tablet tambah darah cegah bayi lahir prematur dan stunting

Sedangkan terkait stunting, menurutnya, tidak hanya kondisi fisik saja yang terpengaruh, tetapi juga menghambat perkembangan kognitif dan motorik, serta anak berisiko mengalami gangguan metabolik ketika tumbuh dewasa.

Konsumsi tablet tambah darah sejak remaja atau sebelum menikah, lanjutnya, dapat mengurangi risiko anak terlahir stunting.

"Salah satu langkah preventif dengan mengonsumsi tablet tambah darah bagi remaja putri sebelum menikah atau saat menjadi calon ibu. Konsumsi tablet tambah darah ini juga tidak serta merta, tetapi diutamakan jika kondisi mengalami anemia atau kurang darah," tuturnya.

Ia menjelaskan tablet tambah darah merupakan suplemen gizi bervitamin dan mineral yang di dalamnya mengandung zat besi setara dengan 60 mg besi elemental dan 400 mcg asam folat.

Baca juga: Kemenkes: Konsumsi tablet tambah darah cegah stunting sejak remaja 

Zat besi merupakan mineral penting dalam pembentukan hemoglobin atau sel darah merah yang memiliki fungsi memasok zat-zat penting ke dalam tubuh.

"Kalau menderita anemia saat hamil itu sangat berisiko, karena peningkatan volume darah sangat dibutuhkan ketika masa kehamilan untuk membentuk plasenta, janin, dan cadangan zat besi dalam ASI," paparnya.

Selain itu konsumsi tablet tambah darah untuk remaja putra juga penting, mengingat masih banyak remaja putra yang mengalami anemia dengan banyak faktor penyebab antara lain asupan gizi yang kurang pada makanan dan kurang istirahat atau kebiasaan suka begadang.

Baca juga: UNICEF: Hari Minum TTD di sekolah cegah anemia remaja putri

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024