Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo akan mengajak warga penghuni bantaran Waduk Ria Rio, Jakarta Timur untuk melihat rumah susun sewa sederhana (Rusunawa) Pinus Elok, Cakung, Kamis.

"Hari ini saya mau ajak warga lihat rusunnya," kata Jokowi di Tanah Abang, Jakarta, Kamis, lalu mengatakan bahwa warga relokasi waduk Ria Rio akan mendapat hak guna unit rusun Pinus Elok beserta beberapa peralatan rumah seperti meja, kursi, kasur.

"Ada televisi juga nanti," katanya.

Jokowi meyakini warga relokasi akan bersedia dipindahkan jika solusi tempat tinggal sudah disediakan pemerintah.

Dia menyebutkab rusun Pinus Elok sedang diperbaiki, namun meyakini  dalam waktu satu bulan kondisinya sudah membaik. "Rampung lah. Satu bulan selesai dicat," katanya.

Jokowi mengatakan jumlah unit rusun Pinus Elok cukup menampung 350 kepala keluarga yang akan dipindah dari bantaran waduk.

"Cukup, kami punya 400 unit di Pinus Elok," katanya.

Jokowi memiliki program revitalisasi waduk yang kini dipenuhi eceng gondok, dan berencana membangun taman serta gedung pertunjukan. Tidak hanya itu, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, Jakarta Propertindo juga akan membangun hotel serta ruang serbaguna untuk sisi komersil. 

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013