Jakarta (ANTARA) - Sejumlah topik berita yang banyak disimak pembaca ANTARA di Jakarta pada Selasa (23/1), di antaranya soal kotak suara dimakan rayap hingga pengawasan iklan di televisi.

Berikut rangkumannya:

Delapan kotak suara di Gambir rusak akibat dimakan rayap

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gambir melaporkan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Pusat terkait adanya 10 kotak surat suara rusak, delapan di antaranya karena dimakan rayap.
 
"Ada 10 kotak surat suara yang rusak, delapan di antaranya rusak karena dimakan rayap pada bagian bawah kotak," kata Anggota PPK Divisi Logistik Gambir Ponco Margono saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.
 
Ponco menjelaskan, delapan kotak surat suara rusak karena dimakan hama rayap akibat kondisi gedung yang lembab. Panitia baru mengetahui kerusakan tersebut pada 7 Januari 2024.

Baca selengkapnya



Pemprov DKI tambah tiga hutan kota pada 2024

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menambah tiga hutan kota pada 2024 di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.
 
"Pemprov DKI terus berupaya menambah ruang terbuka hijau (RTH)," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta, Ivan Murcahyo saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya



Legislator pertanyakan belum ada sanksi terkait pembagian susu di HBKB

Anggota DPRD DKI Jakarta Muhammad Taufik Zoelkifli mempertanyakan belum ada sanksi terkait pembagian susu di lokasi Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) di Jakarta Pusat oleh cawapres nomor urut dua Gibran Rakabuming Raka pada 3 Desember 2023.
 
"Kita jadi curiga gitu, ini kenapa gak cepat, kemungkinan ada tekanan dari pihak mana?," Kata Taufik kepada wartawan di Jakarta, Selasa.
 
Taufik menuturkan seharusnya jika memang terbukti pelanggaran tentu tidak butuh waktu lama untuk memberikan sanksi.

Baca selengkapnya



Legislator minta DKI tingkatkan faskes jiwa bagi peserta pemilu

Anggota Komisi E DPRD DKI Abdul Aziz meminta Pemerintah Provinsi DKI meningkatkan fasilitas kesehatan (faskes) jiwa bagi peserta pemilu sebagai antisipasi jika mengalami kegagalan.
​​​​​
"Kami mengimbau Dinas Kesehatan DKI melakukan langkah-langkah antisipatif menyiapkan fasilitas kesehatan menjelang pemilu," kata Aziz saat dihubungi di Jakarta, Selasa.

Baca selengkapnya


​​​​​​​
KPID pantau iklan kampanye di radio dan televisi agar sesuai aturan


Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) DKI Jakarta secara berkesinambungan memantau penayangan iklan kampanye di lembaga penyiaran televisi dan radio agar selalu mematuhi peraturan dan perundangan yang berlaku.
 
"Penerbitan peraturan ini sesuai konteks Pemilu 2024," kata Kordinator Bidang Pengawasan Isi Siaran KPID DKI Jakarta Arif Faturrahman di Jakarta, Selasa.
 
Arif menyebut pengawasan ini mengacu pada Peraturan Komisi Penyiaran Indonesia Nomor 4 Tahun 2023 tentang Pengawasan Pemberitaan, Penyiaran, dan Iklan Kampanye Pemilu dan Pilpres pada Lembaga Penyiaran.

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024