Kami berfokus pada merek lokal yang menonjolkan corak tradisional khas Nusantara....
Depok (ANTARA) - Vice Project Officer of Concept Universitas Indonesia Fashion Week (UIFW) 2024 Muhammad Nafriel Ramadhan mengajak 17 fesyen merek lokal yang semua diproduksi di Indonesia untuk mendukung perekonomian industri fesyen tanah air. 

"Kami berfokus pada merek lokal yang menonjolkan corak tradisional khas Nusantara dengan proses produksi yang sangat mengedepankan keberlanjutan," kata Muhammad Nafriel Ramadhan yang juga mahasiswa Prodi Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer (Fasilkom) UI Angkatan 2021, di Depok, Jawa Barat, Rabu.

Setiap tahun pihaknya menyelenggarakan pekan mode terbesar untuk tingkat universitas di Indonesia. 

Tahun ini, UIFW 2024 telah digelar dengan semarak pada Sabtu (20/1) di Museum Mandiri, Jakarta Barat. 

Acara puncak UIFW 2024 dimeriahkan dengan fashion runway dari 17 merek lokal karya anak muda Indonesia yang terbagi ke dalam empat segmen. 

Acara fesyen bergengsi itu mengangkat tema “Resilient Threads: Weaving a Conscious Fashion”. 

"Tema ini kami pilih sebagai respons atas panggilan untuk membangun ketahanan di tengah industri mode yang penuh kesadaran. Dalam menghadapi tantangan zaman, kami percaya bahwa keberlanjutan bukanlah pilihan, melainkan keharusan yang wajib dipenuhi setiap individu," ujar Ajeng Regita Putri yang juga mahasiswa Program Studi (Prodi) Kriminologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UI Angkatan 2022.

Sesi pertama bertajuk Serenity menghadirkan Bata, Cover Me Not, RTW Studio, dan Sevature. Sesi kedua, Legacy, menampilkan koleksi mode dari merek Kamdem x NATIVFineLabel, Tjah Ayoe by Riana Kesuma, Studio Ikaten, dan Derma Express × Kursien Karzai. 

Selanjutnya, sesi Authenticity menghadirkan Noie Studio, Pleatsssi, Bertjorak, dan ESMOD Jakarta. Terakhir, pada sesi Chimerical, UIFW 2024 menyuguhkan penonton dengan koleksi memukau dari Andrean NR x Nouvelle, DIBBA, YOVINDA, Lockdowns, dan La Douche Vita. 

Busana-busana tersebut diperagakan oleh Top 56 model yang telah diseleksi oleh 2ICONS, modeling agency yang bekerja sama dengan UI Fashion Week 2024 dalam kompetisi UIFW Model Hunt. 

Keberagaman etnis, bentuk badan, dan kepribadian para model yang berlenggang di runway mencerminkan nilai inklusivitas yang dihadirkan UIFW 2024. Tahun ini, mahasiswa Fakultas Psikologi (FPsi) UI Sadrina Sabahati Alamsyah, keluar sebagai Juara 2 UIFW Model Hunt. 

Di samping Model Hunt, UIFW 2024 juga menyelenggarakan serangkaian acara menarik selama delapan bulan terakhir.
Baca juga: Kemendag dukung UI Fashion Week 2012
Baca juga: UI Fashion Week bangun generasi muda untuk industri mode

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024