Kota Bandung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung memetakan lokasi tempat pemungutan suara (TPS) yang rawan bencana, khususnya banjir saat pelaksanaan Pemilu 2024.

“Untuk pemetaan itu sudah dilakukan sebenarnya dari jauh hari dan kita juga mengimbau kepada panitia pemungutan suara (PPS) untuk mencari tempat yang memang mudah diakses,” kata Ketua KPU Kota Bandung Wenti Frihadianti di Bandung, Rabu.

Menurut dia, potensi bencana banjir dan munculnya genangan pada lokasi pendirian TPS menjadi kewaspadaan utama agar pada Pemilu 2019 yang terdapat beberapa kecamatan terendam banjir tidak terjadi kembali.

“Salah satunya Kecamatan Rancasari tahun 2019 itu memang mengalami ada kebanjiran. Tapi sekarang kondisinya memang sudah baik karena memang sudah dilakukan koordinasi dengan pihak kewilayahan,” kata dia.

Oleh karena itu, ia mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Bandung dan petugas pemungutan suara (PPS) di kewilayahan agar mendirikan TPS di tempat yang terjangkau dan bebas potensi banjir.

“Nah terkait masalah cuaca kita pun ada koordinasi dengan pihak Pemkot Bandung supaya memang untuk tempat itu kita ada semi terbuka dan termasuk kalau hujan pun kita antisipasi dengan tenda,” katanya.

Dia berharap pada pelaksanaan pencoblosan tanggal 14 Februari 2024 nanti cuaca bisa mendukung untuk membuat masyarakat lebih tertarik untuk datang ke TPS.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Bandung, Ema Sumarna mengatakan pihaknya juga telah mengantisipasi TPS di musim hujan ini, salah satunya dengan mengizinkan bangunan sekolah untuk dijadikan TPS saat pemilu.

Ia menambahkan lokasi TPS harus benar-benar diperhitungkan. Jangan sampai karena hujan, banyak masyarakat yang tidak menyuarakan aspirasinya.

"Kami sudah meminta kepada jajaran kewilayahan agar mengantisipasi cuaca hujan saat pemilu. Bisa menggunakan tempat-tempat dalam ruangan. Sekolah juga sangat memungkinkan untuk digunakan, yang penting menjaga netralitas," kata dia.

Baca juga: 108 petugas medis di Tangsel siap disiagakan di TPS Pemilu 2024
Baca juga: PPLN Hong Kong telah terima 54 ribu surat suara tercoblos dari pemilih


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024