Doha (ANTARA) - Lebih dari 5.000 suporter Indonesia yang tergabung dalam komunitas Ultras Garuda Qatar (UGQ) turut memberikan dukungan kepada timnas saat menghadapi Jepang pada pertandingan Piala Asia di Stadion Al Thumama, Doha, Rabu.

"Ada sekitar lima ribuan. Kemarin itu ada juga tiket gratis buat pekerja migran," kata Inisiator Ultras Garuda Qatar Dadan Juarsa saat dihubungi di Doha, Rabu.

Pertandingan tersebut merupakan match day 3 di Grup D, dan menjadi penentu keberlangsungan kedua tim untuk lolos ke babak 16 besar.

Mengingat krusialnya laga tersebut, Ultras Garuda Qatar kembali mengerahkan para diaspora Indonesia untuk beramai-ramai datang ke stadion dan menyuarakan semangat kesebelasan asuhan Shin Tae-yong tersebut.

Dadan menuturkan bahwa dukungan bagi timnas kali ini harus lebih ramai dari dua pertandingan sebelumnya saat bersua Irak dan Vietnam.

Baca juga: Ketum PSSI berikan motivasi bagi timnas jelang lawan Jepang

Dari angka tersebut, Dadan memaparkan ada suporter yang mendapat tiket gratis dan ada pula yang membeli secara mandiri demi mendukung timnas.

"Sebelumnya Ultras juga booking tiket. Ada juga pembelian mandiri. Jadi, kisaran lima ribu insyaallah ada," papar pria asal Bandung, Jawa Barat, itu.

Suporter timnas Indonesia hadir dengan kemeriahan yang melampaui pendukung Jepang. Dengan mengenakan jersi timnas atau pakaian berwarna merah, para suporter terlihat datang dengan penuh semangat.

Sebelum memasuki stadion, tak lupa mereka berfoto dengan bendera Merah Putih atau berlatih yel-yel dengan diiringi drum.

Pakaian atau aksesoris adat dari Indonesia pun tak luput mereka kenakan seperti blangkon, baju lurik bando yang terbuat dari bulu burung, dan lain sebagainya.

Baca juga: Skuad Garuda bertekad cetak sejarah tembus 16 besar Piala Asia

Pewarta: Roy Rosa Bachtiar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024