Faktor pendukung kenaikan arus kapal adalah relatif semakin meningkatnya terminal curah cair dan terminal curah kering.
Medan (ANTARA) - PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Regional 1 Belawan di Sumatera Utara melayani sebanyak 3.900 unit kapal selama  2023, meningkat sebesar 6 persen dibandingkan 2022.

"Faktor pendukung kenaikan arus kapal adalah relatif semakin meningkatnya terminal curah cair dan terminal curah kering," ujar Executive General Manager (GM) Pelindo Regional 1 Belawan Jonedi Ramli di Medan, Rabu

Produktivitas bongkar muat menjadi meningkat pada tahun ini. "Selain kinerja arus kapal meningkat, tercatat arus barang juga mengalami kenaikan yaitu dari 10,9 juta ton pada 2022 menjadi 11,1 juta ton pada 2023," ucapnya.

Baca juga: Baznas-Pelindo bangun kampung wisata ramah anak di Medan

Dia mengatakan Pelindo Regional 1 Belawan juga mencatat arus penumpang mengalami peningkatan sebanyak 246.372 orang selama  2023.

"Atau meningkat sebesar 38 persen dibandingkan tahun 2022," katanya.

Pencapaian ini, menurut Jonedi dikarenakan tidak ada pembatasan kegiatan  masyarakat dan dampak  libur Waisak, Idul Adha, libur sekolah dan Natal serta tahun baru.

Baca juga: Subholding Pelindo gandeng FKS perkuat layanan logistik terintegrasi

Pelindo di Pelabuhan Belawan memiliki Subholding yang menjalankan peran
 masing-masing yaitu Subholding Pelindo Terminal Petikemas berfokus kepada pelayanan dari sisi peti kemas, Subholding Pelindo Multi Terminal berfokus kepada pelayanan untuk barang kargo non petikemas dan Subholding Pelindo Jasa Maritim berfokus memberikan pelayanan dari sisi jasa kapal, peralatan, serta jasa pelabuhan lainnya.

Pelabuhan Belawan terus berupaya menjaga kelancaran arus kapal, barang dan penumpang di Pelabuhan melalui kesiapan operasional dengan SDM yang handal, didukung teknologi serta sistem digitalisasi yang terbarukan untuk menjangkau seluruh aktivitas layanan.
 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024