Jakarta (ANTARA) - Ketiga pasangan calon presiden dan calon wakil presiden kembali melakukan kampanye untuk menarik simpati dan suara demi meraih kemenangan dalam kontestasi memperebutkan kursi orang nomor satu di Republik Indonesia.

Meski demikian, tidak semua kandidat turun berkampanye pada hari ke-58 kampanye Pilpres 2024. Ada kandidat yang masih memegang jabatan sebagai penyelenggara negara memutuskan untuk tidak berkampanye karena tugas.

Berikut adalah rangkuman kegiatan tiga pasangan capres-cawapres pada hari ke-58 kampanye


1. Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Pada hari ke-58 kampanye Pilpres, Anies Baswedan menggelar kampanye akbar di Cilacap, dengan membawa pesan semangat perubahan, untuk terwujudnya Indonesia yang adil dan makmur untuk semua. Selain itu Anies juga hadir dalam kegiatan Desak Anies di Purwokerto, pada Rabu malam.

Sedangkan calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar memutuskan libur dari aktivitas kampanye pada hari ke-58 kampanye Pilpres 2024


2. Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka

Prabowo dan Gibran tidak berkampanye pada hari ke-58 kampanye Pilpres 2024 karena menjalankan tugas sebagai penyelenggara negara.

Keduanya tidak mengambil cuti penuh sebagai pejabat publik. Keduanya hanya mengambil cuti harian dari jabatan Menteri Pertahanan dan Wali Kota Solo jika ingin berkampanye.

Prabowo pada Rabu pagi, diketahui melakukan penyerahan simbolis pesawat transpor berat C-130J-30 Super Hercules dari Kementerian Pertahanan kepada TNI Angkatan Udara di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu.

Sementara itu, Gibran Rakabuming Raka kembali melanjutkan safari politiknya. Ia dijadwalkan menghadiri acara mengaji bersama jajaran Nahdlatul Ulama, kiai, dan Bu Nyai serta pameran hasil karya santri di Kebumen, Jawa Tengah.


3. Ganjar Pranowo-Mahfud Md.

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo absen pada hari ke-58 kampanye Pilpres 2024 karena mempunyai sejumlah agenda internal.

Sedangkan calon wakil presiden Mahfud Md mengambil cuti dari jabatannya sebagai Menko Polhukam untuk berkampanye di Yogyakarta.

Mahfud mengawali kampanye dengan menghadiri acara silaturahim dengan pengasuh pondok pesantren se-Yogyakarta di Pondok Pesantren Annur di Jalan Ngrukem, Krandohan, Pendowoharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul.

Selanjutnya, Mahfud akan menghadiri Acara Budaya Butet di Taman Budaya Yogyakarta, pukul 20.00 WIB. Kegiatan tersebut sekaligus menjadi penutup kampanye Mahfud di hari ke-58 Kampanye Pilpres 2024.


Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024