Manokwari (ANTARA) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Manokwari, Papua Barat, Christine R. Rumkabu berkomitmen Pemilihan Umum 2024 di wilayah setempat berjalan aman dan lancar sehingga tidak sampai terjadi pemungutan suara ulang (PSU).

"Ini jadi komitmen kita bersama. Ujung tombak komitmen ini ada di kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS)," kata Christine saat pelantikan sebanyak 4.711 orang petugas KPPS di Manokwari, Kamis.

Dia mengatakan KPPS harus bekerja sesuai dengan peraturan perundangan-undangan yang berlaku agar Pemilu 2024 berjalan aman, lancar dan tertib. KPU membutuhkan penyelenggara pemilu yang bekerja profesional, independen dan berintegritas.

"KPU Manokwari akan menjalankan fungsinya untuk melakukan pembekalan dan pengawasan sehingga KPPS, PPS dan PPD dapat bekerja sesuai aturan," ujarnya.

Baca juga: KPU Manokwari rekrut 4.711 KPPS untuk Pemilu 2024

Menurutnya, KPPS memiliki peran sangat penting dalam melaksanakan tahapan pemungutan dan perhitungan suara serta perolehan hasil yang akan dilaksanakan di tempat pemungutan suara (TPS).

"Tanda tangan dari KPPS yang baru dilantik ini menentukan siapa yang menjadi pemimpin Indonesia. Untuk itu, bekerjalah sesuai dengan aturan dan mekanisme yang benar," pesan Christine kepada para petugas KPPS yang dilantik.

Dia menambahkan pada Pemilu 2024 banyak aturan atau regulasi baru untuk KPPS. Untuk itu, KPU Manokwari segera melaksanakan bimbingan teknis selama empat hari bagi petugas  KPPS.

"Anggota KPPS akan berkoordinasi dengan PPD dan PPS untuk bimtek. Jadwalnya sudah kami tetapkan sehingga diharapkan petugas KPPS dapat melaksanakan tugas dengan benar," katanya.

Baca juga: KPU gandeng Dinsos Manokwari kunjungi difabel sosialisasi Pemilu 2024

KPU Kabupaten Manokwari melantik sebanyak 4.711 orang petugas KPPS yang dibagi menjadi lima zona pelantikan. Petugas KPPS itu akan bertugas pada 673 TPS.

Zona I meliputi Distrik Manokwari Barat dan Manokwari Timur sebanyak 2.541 petugas KPPS yang bertugas pada 363 TPS. Zona II mencakup Distrik Manokwari Selatan ada 574 petugas KPPS yang bertugas pada 82 TPS.

Kemudian, Zona III Distrik Tanah Rubuh sebanyak 175 petugas KPPS yang bertugas pada 25 TPS, Zona IV Distrik Manokwari Utara tercatat 161 petugas KPPS yang bertugas pada 23 TPS, dan Zona V meliputi Distrik Warmare, Prafi, Masni, dan Sidey sebanyak 1.260 KPPS yang bertugas pada 180 TPS.

Baca juga: KPU tetapkan 530 DCT anggota DPRD Kabupaten Manokwari
Baca juga: KPU Manokwari targetkan minimal 85 persen pemilih terdaftar

Pewarta: Ali Nur Ichsan
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024