Jakarta (ANTARA) - Sayurbox secara resmi meluncurkan produk baru bernama PLANTO yang merupakan sayur-sayuran dari para petani lokal dan mengenalkan asal usulnya sebagai langkah inovasi dalam meningkatkan transparansi produksi makanan bagi pelanggannya.

Dalam prosesnya, produk ini hadir berkat kolaborasi Sayurbox bersama dengan CENTRIGO Farming Ecosystem (Sygenta) yang diharapkan dapat berdampak tidak hanya kepada petani lokal tapi juga konsumennya.

"Kami mengajak para pelanggan untuk lebih mengenal para petani di balik sayuran yang mereka konsumsi sambil menikmati rasa yang lezat dan segar sesuai dengan komitmen kami," kata CEO dan Co-Founder Sayurbox Amanda Susanti dalam keterangan resminya, Kamis.

Untuk mendukung perilisan produk ini, Sayurbox melakukan kampanye bertajuk "Farm to Table: Ketahui Perjalanannya".

Baca juga: Sayurbox jalin kerja sama untuk pengelolaan limbah organik

Produk ini menawarkan keunggulan berupa tingkat ketertelusurannya dibandingkan produk sejenis lainnya di pasaran. Pelanggan nantinya dapat secara jelas mengetahui asal usul dan cerita dari sayuran yang mereka beli.

Dengan memindai kode QR yang terdapat pada kemasan, pelanggan dapat mengakses informasi lengkap mengenai proses penanaman, metode pertanian yang digunakan oleh petani lokal, manfaat nutrisi, hingga saran resep untuk mengolah sayur terkait.

Adanya informasi mengenai kandungan gizi yang terdapat pada setiap sayuran, diharapkan dapat membantu konsumen lebih percaya diri dalam menentukan pilihan dan membantu menciptakan pilihan menu yang sehat bagi keluarga, termasuk nilai gizi dan resep yang disarankan.

"Kami percaya kolaborasi ini akan membawa dampak positif dalam mendukung ketahanan pangan, meningkatkan kesejahteraan petani, dan menyediakan pilihan makanan sehat bagi konsumen. Kami sangat senang dengan diperkenalkannya PLANTO ke pasar Indonesia," kata pendiri dan Kepala CENTRIGO Andre Oliveira.

Baca juga: Ulang tahun keenam, Sayurbox berkomitmen hadirkan produk segar

Nantinya jenis-jenis sayuran yang akan dijual dalam produk PLANTO antara lain baby vegetables seperti baby cos lettuce, baby chickpeas, baby cabbage, baby bok choy.

Ada juga aneka tanaman herbal seperti oregano, basil, thyme, daun ketumbar, rosemary, dan beberapa jenis sayuran potong seperti paprika, kubis ungu, dan kembang kol.

"Kami berharap untuk menciptakan masa depan di mana kehidupan masyarakat berkembang, petani lokal sejahtera, dan setiap individu memiliki gaya hidup yang lebih sehat. PLANTO adalah langkah konkret kami untuk mewujudkan visi tersebut," tutup Amanda.

Produk ini tersedia mulai 25 Januari 2024 di platform aplikasi Sayurbox dan akan tersedia di Lotte Supermarket, Gandaria City, yang telah bekerja sama dengan Sayurbox mulai Februari 2024.

Baca juga: Sayurbox sediakan layanan pengembalian kardus belanja

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2024