"Pemilihan umum merupakan pilar demokrasi sebagai wahana perwujudan kedaulatan rakyat. Tentunya disini ada beberapa siswa yang sudah memiliki hak pilih dan baru pertama kali akan menyalurkan hak pilihnya. Silahkan gunakan hak pilihmu pada Pemilu 2024
Trenggalek, Jatim (ANTARA) - Kepolisian Resort Trenggalek mengintensifkan sosialisasi pelaksanaan Pemilu 2024 yang akan digelar 14 Februari ke kalangan pemilih pemula, khususnya pelajar, dengan tujuan mengoptimalkan partisipasi pemilih pemula dan meminimalkan golput.

"Pemilihan umum merupakan pilar demokrasi sebagai wahana perwujudan kedaulatan rakyat. Tentunya disini ada beberapa siswa yang sudah memiliki hak pilih dan baru pertama kali akan menyalurkan hak pilihnya. Silahkan gunakan hak pilihmu pada Pemilu 2024," kata Kapolres Trenggalek, AKBP Gathut Bowo Supriyono usai memimpin program "Police Goes To School" di salah satu sekolah menengah atas di Kabupaten Trenggalek, Kamis.

Gathut berpesan kepada para pemilih pemula itu untuk berpartisipasi dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilu dengan tidak golput. Ia juga mengajak generasi muda untuk ambil peran dan dukungan dalam penguatan kamtibmas, selama gelaran pemilu.

Soal perbedaan pilihan, menurutnya merupakan hal yang wajar dalam sebuah pesta demokrasi sehingga harus disikapi dengan bijak.

"Beda pilihan bukan alasan saling bermusuhan, jaga kerukunan. Bersama ciptakan Pemilu damai untuk menyongsong Indonesia emas 2045," imbuhnya.

Selain lewat sosialisasi, Polres Trenggalek juga mempunyai cara lain untuk meningkatkan partisipasi pemilih diantaranya kalangan Gen-Z.

Petugas menyediakan hadiah sebuah sepeda motor kepada para pemilih yang beruntung.

Untuk mendapatkan hadiah ini syaratnya sangat mudah.

Masyarakat pemilih cukup datang ke TPS dan sudah menyalurkan hak pilihnya dengan menunjukkan bukti berupa foto undangan dan swafoto saat di TPS dengan menunjukkan jari yang sudah ditandai dengan tinta.

Secara detail, masyarakat dapat melihatnya di media sosial resmi Polres Trenggalek.

Nantinya undian akan diambil berdasarkan NIK.

Pengundian itu sendiri akan dapat dilihat secara langsung melalui saluran live streaming pada akun instagram offcial @polres_trenggalek tanggal 14 Februari 2024 tepat pukul 16.00 WIB.

Nantinya pajak bakal ditanggung oleh pemenang yang beruntung.

"Selain itu kita juga turut aktif mensosialisasikan Pemilu 2024 kepada seluruh elemen masyarakat baik melalui patroli presisi yang digelar masif maupun dengan sambang desa dan bertatap muka langsung dengan masyarakat," katanya.

Pewarta: Destyan H. Sujarwoko
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024