Jayapura (ANTARA) - Kapolres Intan Jaya AKBP Afrizal Asri mengatakan saat ini aktivitas warga Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua Tengah, berangsur pulih.

Dari hasil pantauan, warga sudah mulai beraktivitas walaupun belum kembali normal, karena masih ada yang merasa takut akibat aksi penembakan yang dilakukan KKB  pada Jumat (19/1).

"Memang benar secara berangsur aktivitas masyarakat nampak kembali pulih, walaupun pemilik kios masih banyak yang melayani dengan hanya membuka beberapa lembar papan yang menutupi warungnya," kata Kapolres Intan Jaya AKBP Afrizal Asri kepada ANTARA, Jumat.

Ketika ditanya tentang aktivitas penerbangan di Bandara Bilorai, Kapolres Intan Jaya mengaku walaupun pihaknya sudah mengizinkan bandara beroperasi namun pihak perusahaan penerbangan masih menunda untuk melayani terbang ke Sugapa.

Baca juga: Kapolres sebut ancaman KKB sebabkan pesawat takut ke Sugapa

Baca juga: Kapolda: Satgas Damai Cartenz dan Brimob bantu pulihkan Sugapa


"Yang pasti kami sudah mengizinkan untuk terbang ke Sugapa namun perusahaan penerbangan yang menunda atau cancel untuk penerbangan umum," kata AKBP Afrizal Asri.

Kapolres berharap keamanan segera pulih sehingga aktivitas dapat segera kembali normal dan masyarakat tidak merasa takut lagi.

Akibat aksi penembakan yang dilakukan sejak Jumat (19/1) menyebabkan seorang anggota Brimob gugur, yakni Bripda Alfando Steven Karamoy.

Tidak ada warga sipil yang terluka dalam aksi penembakan yang dilakukan KKB, walaupun ada beberapa rumah mereka yang dibakar, tambah Kapolres Intan Jaya AKBP Afrizal Asri.

Baca juga: Pangdam Cenderawasih: KKB Intan Jaya miliki 13 pucuk senpi

Baca juga: Kapolres: TNI-Polri berupaya pulihkan keamanan di Sugapa dari KKB

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024