Jakarta (ANTARA) - Timnas Indonesia U-20 kalah 1-2 atas Thailand U-20 dalam laga uji coba di Stadion Gelora Bung Karno (SGBK) pada Jumat malam.

Indonesia sempat unggul lebih dahulu lewat gol Toni Firmansyah di babak pertama, Thailand mampu membalikkan keadaan dan menang lewat gol Paripan Wongsa dan yang dicetak di babak kedua.
 
Gol pasukan Garuda Muda dicetak oleh Toni Firmansyah di awal babak pertama. Selain itu, Indonesia bermain baik dan mampu menyulitkan permainan Thailand dengan pressingnya.
 
Indonesia langsung mendapatkan ancaman saat laga baru berjalan 21 detik, kesalahan komunikasi di lini belakang hampir berakibat fatal di detik ke-21. Beruntung, sepakan pemain Thailand melebar tipis dari gawang.
 
Pada menit ke-7, Arkhan Kaka mendapatkan umpan terobosan dan tinggal berhadapan dengan kiper. Namun, tendangannya masih bisa ditepis Kittipong.
 
Indonesia membuka keunggulan pada menit ke-11, Dony Tri Pamungkas menusuk dari sisi kiri dan melepaskan umpan tarik ke tengah yang dituntaskan dengan tendangan Toni Firmansyah. Skor menjadi 1-0.
 
Selepas gol itu, Indonesia bermain dengan cair dan beberapa kali menyerang lewat kedua sisi sayap Thailand.
 
Thailand sendiri selalu kesulitan untuk membangun serangan karena pressing dari para punggawa Garuda Muda.
 
Tidak ada peluang berarti dari kedua tim di sisa waktu babak pertama. Skor 1-0 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga turun minum.
 
Pesepak bola Timnas Indonesia U20 M Riski Afrisal (kanan) berebut bola dengan pesepak bola Timnas Thailand U20 Jirapol Sae Lio (kiri) pada laga persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (26/1/2024). ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/Spt. (ANTARA FOTO/ASPRILLA DWI ADHA)


Baca juga: Indonesia U-20 unggul 1-0 Thailand U-20 di babak pertama laga uji coba
 
Usai jeda istirahat, Thailand mencoba untuk bermain lebih menyerang. Namun, para pemain Indonesia masih sigap untuk menggagalkan serangan-serangan tim tamu
 
Indonesia mendapatkan peluang emas pada menit ke-54 melalui tendangan bebas Figo Dennis. Sayangnya masih bisa ditepis kiper Bunmak.
 
Thailand sanggup menyamakan skor pada menit ke-63. Tusukan Paripan Wongsa berhasil diakhiri dengan tembakan jarak jauh yang akurat dan menusuk ke pojok kanan bawah gawang kiper pengganti Andrika Fathir.
 
Gol tersebut membangkitkan semangat Thailand, sedangkan Indonesia mulai melakukan sejumlah kesalahan yang membahayakan gawang.
 
Thailand bisa membalikkan keadaan di masa injury time atau menit ke-93 saat Pikanet mencetak gol setelah memanfaatkan sepak pojok.
 
Pertandingan berakhir dengan skor 1-2 untuk kemenangan Thailand.
 
Indonesia U-20 akan melakoni laga uji coba lainnya melawan Uzbekistan U-20 pada 30 Januari 2024 di Stadion Madya, Jakarta.
 
Susunan pemain
 
Indonesia U-20 (4-3-3): Ikram Al Giffari (Andrika Fathir 50'); Ridzjar Nurviat (Iqbal Gwijangge 46'), Sulthan Zaky, Kadek Arel, Dony Tri Pamungkas; Arlyansyah Abdulmanan (Muhammad Mufli Hidayat 46'), Rahmat Syawal (Ji Da-bin 50'), Toni Firmansyah, Kafiatur Rizky (Figo Dennis 46'), Riski Afrisal; Arkhan Kaka Putra
 
Thailand U-20 (5-3-2): Kittipong Bunmak; Jirapol Sae Lio (Pikanet Laohawiwat 46'), Pakawat Teangakson, Piyawat Petra, Puttaraburin Jannawan, Singha Mahasa; Sirasit Changkomchon, Thanakirt Chotmuangpak, Thanawut Phochai (Paripan Wongsa 60'); Caelan Tanadon Ryan, Jonah Nathan Duchowny
 

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024