PT Semen Gresik dapat terus berkontribusi dalam pembangunan di Indonesia dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi bangsa dan negara.
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menetapkan pabrik PT Semen Gresik di Rembang, Jawa Tengah sebagai Objek Vital Nasional (Obvitnas) Bidang Industri.

Ketetapan tersebut tertuang dalam Surat Keputusan Kemenperin RI Nomor 4783 tahun 2023 pada tanggal 16 November 2023.

“Ini (penetapan pabrik) merupakan langkah strategis untuk mendukung kelancaran operasional, sehingga PT Semen Gresik dapat terus berkontribusi dalam pembangunan di Indonesia dan memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi bangsa dan negara,” kata Corporate Secretary SIG Vita Mahreyni, di Jakarta, Jumat.

Sebagai anak usaha PT Semen Indonesia (SIG), pabrik PT Semen Gresik di Rembang ditetapkan sebagai Obvitnas, karena dinilai berkontribusi positif dalam memenuhi kebutuhan penting bagi kesejahteraan rakyat atau menguasai hajat hidup orang banyak, serta berperan dalam meningkatkan atau menghasilkan nilai tambah sumber daya alam strategis.

Lebih lanjut, Vita mengatakan bahwa pabrik PT Semen Gresik di Rembang beroperasi dengan dukungan teknologi mutakhir berstandar internasional yang dioperasikan oleh sumber daya manusia terbaik untuk memproduksi semen berkualitas tinggi dan ramah lingkungan.

Selain mendukung pembangunan dan kemajuan daerah melalui kontribusi ekonomi, baik dari pajak dan retribusi, perusahaan juga menjadi motor penggerak program pemberdayaan masyarakat di sekitar wilayah operasi. Hingga saat ini, PT Semen Gresik tercatat sebagai kontributor pajak dan retribusi tertinggi di Kabupaten Rembang.

Sedangkan untuk pemberdayaan masyarakat dilakukan melalui berbagai program, antara lain bidang lingkungan melalui program Edupark & Pertanian Perkebunan Peternakan Terpadu (P4T), bidang pembangunan infrastruktur di enam desa sekitar perusahaan melalui program Forum Masyarakat Madani (FMM).

Program lainnya, yakni bidang pertanian dengan membentuk Semen Gresik Sahabat Petani (SGSP), bidang kesenian melalui Semen Gresik Sahabat Seni (SGSS), serta program Pemberdayaan UMKM Naik Kelas melalui Rumah BUMN (RB) Rembang.

Sejak berdiri pada Agustus 2020 hingga Desember 2023, RB Rembang telah membina dan membantu 371 UMKM naik kelas dengan penyerapan tenaga kerja sebanyak 1.527 orang. RB Rembang juga berhasil mencatatkan transaksi mencapai Rp3 miliar selama tiga tahun beroperasi.

“Komitmen dalam menjalankan praktik bisnis terbaik berwawasan lingkungan dan sosial, membuat PT Semen Gresik di Rembang meraih berbagai penghargaan pada 2023, seperti penghargaan CSR Awards dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah," ujar Vita.

Penghargaan lain yang didapat Semen Gresik penghargaan Good Mining Practice dan Tamasya (Tambang Menyejahterakan Masyarakat) Award dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), serta penghargaan Proper Hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.
Baca juga: Semen Gresik terapkan prinsip keberlanjutan dalam pertambangan
Baca juga: SIG catatkan kinerja positif di tengah dinamika industri semen

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024