New Delhi (ANTARA News) - Ketua partai yang berkuasa di India, Sonia Gandhi, terbang ke Amerika Serikat untuk menjalani pemeriksaan kesehatan, kata satu laporan, sepekan setelah ia masuk rumah sakit di New Delhi.

Gandhi, politisi yang berpengaruh, pernah menjalani operasi di AS pada 2011 atas penyakit yang tidak diungkapkan dan tidak tampil di depan umum selama tiga bulan setelah itu.

"Perjalanannya ke AS adalah untuk menjalani pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh," kata tokoh senior partai --yang tidak bersedia disebut namanya, kepada kantor berita India, Press Trust of India (PTI), Minggu malam.

Sonia Gandhi (66) menjalani pemeriksaan kesehatan sebelumnya pada Februari juga di AS dan bepergian ke negara itu lagi pada September tahun lalu.

Ia masuk ke rumah sakit di New Delhi setelah dikabarkan jatuh sakit saat mengikuti debat parlemen mengenai masalah penting.

Rekan-rekan partainya mengatakan bahwa Sonia mengalami demam dan kelelahan setelah beberapa hari berunding untuk meloloskan undang-undang mengenai kesejahteraan pangan.

Kesehatan dan kehidupan pribadinya dijaga ketat oleh para penasehatnya dan Gandhi juga jarang sekali berbicara kepada wartawan.

Pada 2011, sebuah majalah berita melaporkan bahwa Sonia Gandhi menjalani operasi kanker, namun penyakitnya tidak pernah diungkap secara resmi.

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013