Jakarta (ANTARA) - Ganda putri Indonesia Lanny Tria Mayasari/Ribka Sugiarto menampilkan perjuangan maksimal saat menghadapi wakil China Liu Sheng Shu/Tan Ning pada babak semifinal Indonesia Masters 2024 di Istora Senayan Jakarta, Sabtu.

Meski sudah maksimal, Lanny/Ribka harus mengakui keunggulan ganda putri peringkat lima dunia itu melalui dua gim langsung 14-21, 11-21.

Pada awal gim pertama, Lanny/Ribka sebenarnya mampu mengimbangi serangan-serangan Liu/Tan. Namun, pertahanan pasangan China yang sangat solid membuat pasangan ganda putri peringkat 31 dunia itu terlihat kesulitan untuk merebut angka hingga tertinggal cukup jauh 2-7 dari Liu/Tan.

Meski demikian, dukungan yang riuh disuarakan oleh penonton di Istora kepada pasangan tuan rumah membuat Lanny/Ribka perlahan-lahan bangkit dan mengejar ketertinggalan mereka meski hingga interval gim pertama Liu/Tan tetap unggul 11-5 dalam tempo 10 menit.

Selepas turun minum, Lanny/Ribka mencoba mengubah pola permainan mereka menjadi lebih cepat tetapi tetap tenang.

Perubahan strategi itu terbukti mampu membuat lawan cukup kaget dalam mengantisipasi bola-bola dari pasangan Indonesia. Lanny/Ribka mampu mengoleksi setidaknya empat poin beruntun dan memperkecil jarak dengan skor 12-15.

Namun, tren itu tidak berlangsung lama dengan Liu/Tan merebut matchpoint dan memenangkan gim pertama dengan skor 21-14.

Baca juga: Sempat dihentikan, semifinal Indonesia Masters kembali berlanjut

Gim kedua tampaknya berlangsung lebih mudah bagi pasangan China yang merupakan unggulan keempat tersebut. Terus tampil menyerang, Liu/Tan tidak memberikan kesempatan bagi Lanny/Ribka untuk mengembangkan pola permainan seperti di gim pertama. Interval gim kedua pun kembali diamankan oleh Liu/Tan dengan skor 11-5.

Setelah interval, Lanny/Ribka mencoba berbagai variasi serangan tapi belum bisa menembus pertahanan Liu/Tan. Meski sempat beberapa kali merebut angka, pasangan muda Negeri Tirai Bambu itu tidak mengendurkan serangan hingga akhirnya gim kedua ditutup dengan skor 21-11.

Selain Ribka/Lanny, masih ada tiga wakil Indonesia lainnya yang berlaga di babak semifinal turnamen BWF Super 500 hari ini.

Ada tunggal putra sekaligus unggulan ketiga Anthony Sinisuka Ginting yang akan melanjutkan perjuangannya di hadapan publik sendiri hari ini. Ia akan berhadapan dengan tunggal putra asal Kanada Brian Yang di babak semifinal Indonesia Masters 2024.

Sementara, dua wakil Indonesia lainnya datang dari sektor ganda putra yang akan saling berhadapan di babak ini, yaitu unggulan ketiga Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto melawan unggulan ketujuh Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Baca juga: PBSI konfirmasi penyebab Lee Zii Jia mundur dari Indonesia Masters
Baca juga: Leo/Daniel tak gentar hadapi Fajar/Rian di semifinal Indonesia Masters


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024