akibat curah hujan yang tinggi di beberapa wilayah
Jakarta (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mencatat empat rukun tetangga (RT) di Rawa Buaya, Jakarta Barat tergenang  air dengan  ketinggian 30 hingga 60 centimeter (cm) pada pukul 14.00 WIB.
 
"Genangan terjadi akibat curah hujan yang tinggi di beberapa wilayah di Jakarta Barat," kata  Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji kepada wartawan di Jakarta, Sabtu.
 
Selain di kawasan Rawa Buaya, terdapat empat RT lainnya di Jakarta Barat yang tergenang yakni di Cengkareng Timur dengan ketinggian 30 hingga 40 cm.
 
Kemudian, terdata tiga ruas jalan tergenang di Ruko Mutiara Taman Palem Blok A20 RT 007/RW 014, Cengkareng Timur dengan ketinggian 20 cm.
 
Lalu, Jalan Daan Mogot Km 13 RT 011/RW 003, Cengkareng Timur dengan ketinggian 30 cm serta Jalan Basoka Raya RT 01/RW 06, Joglo dengan ketinggian 15 cm.
 
Sedangkan wilayah yang sudah surut adalah dua RT di Kelurahan Sukabumi Selatan.
 
Lalu, jalan tergenang yang sudah surut yakni Srengseng Raya (depan Kelurahan Srengseng), Srengseng, serta Jalan Manyar RT 001/RW 011, Tegal Alur, Jakarta Barat.
 
BPBD DKI Jakarta mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah dan berkoordinasi dengan unsur Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Bina Marga, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat).
 
Sebelumnya, BPBD DKI Jakarta mengumumkan, hujan dengan intensitas cukup tinggi menyebabkan genangan di dua jalan Jakarta Barat sekitar pukul 11.00 WIB, Sabtu.
 
"Terdapat genangan di dua jalan kawasan Jakarta Barat," kata Isnawa Adji.
Baca juga: Hujan sebabkan genangan di dua jalan Jakarta Barat
Baca juga: Antisipasi banjir, polisi dan camat bentuk kampung siaga di Jaksel
Baca juga: Pembangunan rumah pompa di Duri Kepa capai 95 persen

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024