Bintan, Kepri (ANTARA) - KPU Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) menjadwalkan pengiriman logistik Pemilu ke pulau terluar, Kecamatan Tambelan pada tanggal 5 Februari 2024 dengan menggunakan kapal laut.

Ketua KPU Bintan, Haris Daulay, mengatakan logistik untuk Pulau Tambelan dikirim lebih awal, karena menyesuaikan jadwal keberangkatan kapal di awal bulan Februari 2024.

"Kita sudah dapat informasi ada kapal berangkat ke Pulau Tambelan tanggal 5 Februari 2024," kata Haris di Bintan, Sabtu.

Haris menyebut saat ini kondisi logistik Pemilu untuk Pulau Tambelan sudah selesai dikemas dan tinggal didistribusikan saja, meliputi surat suara sesuai daerah pemilihan atau dapil, termasuk kebutuhan lainnya seperti sampul, peralatan bantalan hingga kotak bilik suara untuk mencoblos.

Menurutnya pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke Kecamatan Tambelan menjadi perhatian khusus dibanding kecamatan lainnya, sebab berada di pulau terluar dengan rentang waktu tempuh sekitar 20 jam menggunakan kapal laut dari pusat ibukota.

"Kita juga telah menyiapkan alternatif kalau tak ada kapal penumpang berangkat ke Tambelan, maka logistik Pemilu akan dikirim menggunakan pesawat terbang," ungkap Haris.

Haris menyampaikan logistik Pemilu 2024 yang dikirim ke Pulau Tambelan mendapat pengawalan ketat dari aparat kepolisian. Setibanya di sana, logistik langsung didrop di kantor kecamatan setempat sambil menunggu pendistribusian ke tiap-tiap TPS.

Keberadaan logistik Pemilu itu pun bakal diawasi pihak keamanan bersama Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Tambelan guna memastikan proses pendistribusian berjalan aman, lancar dan tepat waktu.

"Logistik Pemilu akan disebar di 17 titik TPS se-Kecamatan Tambelan," ucap Haris.

Haris menambahkan untuk pendistribusian logistik di kecamatan selain Tambelan, mulai dilakukan pada H-2 dan H-1 hari pencoblosan suara tanggal 14 Februari 2024.

Total ada 123 ribu daftar pemilih tetap (DPT) Pemilu 2024 tersebar di 496 TPS di sepuluh kecamatan dan 51 desa se-Kabupaten Bintan.
Baca juga: KPU utamakan pengiriman logistik pemilu ke daerah yang sulit dijangkau
Baca juga: Polri pastikan kesiapan pengamanan distribusi logistik Pemilu
Baca juga: KPU: Distribusi logistik pemilu di luar negeri masih "On the track"
Baca juga: KPU RI targetkan seluruh logistik sampai di daerah 15 Januari

Pewarta: Ogen
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024