Kita akan terus meningkatkan pelibatan semua pihak khususnya pelaku UMKM dan pelaku seni sehingga kehadiran event ini memberikan dampak ekonomi pada semua bidang
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Sabang, Provinsi Aceh, akan menggencarkan promosi Sabang Marine Festival (SMF) 2024 lebih awal agar para pelaku wisata di Pulau Weh dapat mempersiapkan paket-paket wisatanya dengan lebih baik.

"Alhamdulillah, SMF tetap masuk dalam Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 dan ini akan meningkatkan motivasi serta semangat bagi kami semua di Sabang untuk dapat menyelenggarakannya lebih baik lagi di tahun ini," kata Pj Wali Kota Sabang Reza Fahlevi di Jakarta, Minggu.

Pernyataan itu disampaikannya terkait penyelenggaraan SMF, yang masuk dalam 110 ajang KEN 2024 dan diluncurkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Sabtu (27/1/2024).

Dari 110 kegiatan tersebut, tiga di antaranya yakni Aceh Ramadhan Festival, Aceh Perkusi, dan Sabang Marine Festival berasal dari Provinsi Tanah Rencong.

Reza menjelaskan berdasarkan evaluasi pelaksanaan tahun sebelumnya, penyelenggaraan tahun 2024 akan dikemas lebih baik, baik dari sisi ide acara, manajemen ajangnya, promosi dan juga keterlibatan pelaku UMKM maupun komunitas pelaku seni budaya.

"Kita akan terus meningkatkan pelibatan semua pihak khususnya pelaku UMKM dan pelaku seni sehingga kehadiran event ini memberikan dampak ekonomi pada semua bidang," katanya.

SMF merupakan kegiatan yang dimotori Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) berkolaborasi dengan Pemkot Sabang dan juga dukungan Disbudpar Aceh dan Kementerian Pariwisata RI.

Reza pun optimistis dengan berbagai evaluasi dan peningkatan yang dilakukan akan menjadikan SMF sebagai penarik wisatawan berwisata ke daerah kepulauan itu.

KEN adalah salah satu program strategis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam mendukung dan mengembangkan agenda-agenda wisata dan ekonomi kreatif di seluruh Indonesia yang terselenggara sejak 2021.

Baca juga: Pemkot Sabang meningkatkan kualitas daya tarik pariwisata gaet turis
Baca juga: Sabang terus promosi potensi pariwisata lewat Marine Festival 2024
Baca juga: Enam kapal pesiar dijadwalkan bersandar di Pulau Weh Sabang pada 2024

Pewarta: M Ifdhal
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024