Pengiriman pertama pada 1 Februari 2024, pagi kami berangkat dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep
Pamekasan (ANTARA) - Komisioner pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumenep Rafiqi mengatakan pihaknya akan melakukan pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke kepulauan dengan menggunakan kapal reguler, yakni Kapal Motor Sabuk Nusantara.

"Pengiriman pertama pada 1 Februari 2024, pagi kami berangkat dari Pelabuhan Kalianget, Sumenep," katanya per telepon di Sumenep, Jawa Timur, Minggu malam.

Daerah sasaran adalah Kecamatan Masalembo yang merupakan kepulauan terjauh di Kabupaten Sumenep.

Rafiqi menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan jajaran Polres Pamekasan untuk pelaksanaan pengamanan selama pendistribusian sekaligus pergeseran pasukan bagi para personel yang ditugaskan melakukan pengamanan.

Baca juga: Bawaslu Denpasar lakukan pengawasan melekat untuk logistik Pemilu 2024

Baca juga: Bawaslu kawal pengemasan logistik pemilu untuk pastikan tepat jumlah


Wilayah Kabupaten Sumenep terdiri dari 27 kecamatan, meliputi 9 kecamatan kepulauan dan 18 kecamatan daratan.

"Logistik untuk Kecamatan Masalembu, Kangean dan Sapeken, yang merupakan kepulauan terjauh dan masuk Daerah Pemilihan (Dapil) 7 dan 8, sudah tuntas dilakukan pengepakan dan siap kami distribusikan," paparnya.

Sementara itu, khusus untuk mengamankan pelaksanaan Pemilu 2024 kali ini, Polres Sumenep menerjunkan sebanyak 520 personel atau sekitar 2/3 dari total jumlah personel yang ada di Kabupaten Sumenep.

Selain bertugas melakukan pengamanan tahapan pemilu, para personel ini memiliki tugas melekat, yakni mencegah terjadinya konflik di kalangan masyarakat akibat perbedaan pilihan.

"Karena itu, kami juga terus meningkatkan patroli dengan sistem jemput bola guna menciptakan situasi kondusif di kabupaten ini," tutur Kasi Humas Polres Sumenep AKP Widiarti.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024