Medan (ANTARA) - Wali Kota Medan, Sumatera Utara, Bobby Nasution menerima penghargaan Pelopor Peduli Lingkungan Hidup yang diberikan oleh Plant and Care for Peace asal Finlandia.

Penghargaan ini diserahkan Founder and Leader Environment Online Mika Vanhanen dalam peringatan hari pendidikan lingkungan hidup internasional di halaman SMP Negeri 24 Medan, Ahad.

Penyerahan penghargaan itu juga disaksikan oleh seribuan guru serta seluruh kepala sekolah mulai dari tingkat TK, SD dan SMP se-Kota Medan.

Komunitas lingkungan hidup internasional itu menilai Wali Kota Medan telah mendorong keterlibatan ratusan sekolah menanam pohon dan membangun komitmen masa depan yang lebih hijau.

Dalam piagam penghargaan tersebut juga disebutkan bahwa Wali Kota Medan Bobby Nasution telah menjadi inspirasi atas upaya pelestarian lingkungan.

Wali Kota Medan juga berhasil menggerakkan komunitas lingkungan hidup maupun sekolah dengan mendorong gerakan global menuju masa depan yang berkelanjutan dan harmonis.

Baca juga: Kemenhub apresiasi Pemkot Medan bangun transportasi seperti Jakarta

"Pak Bobby Nasution telah membuktikan atas dedikasi yang tinggi pendidikan lingkungan hidup," ucap Mika Vanhanen, pendiri dan koordinator Plant and Care for Peace.

Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebutkan penghargaan Pelopor Peduli Lingkungan Hidup ini merupakan hasil kerja keras banyak pihak, khususnya Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan.

"Alhamdulillah atas kerja keras kita, hari ini kita sama-sama menerima penghargaan dari salah satu komunitas lingkungan hidup internasional. Mudah-mudahan penghargaan ini menjadikan kita semakin semangat, dan terpacu memberi hal-hal terbaik bagi lingkungan hidup," katanya.

Pihaknya mengatakan, bahwa kemajuan di wilayah ibu kota Provinsi Sumatera Utara dewasa ini perlu diimbangi dengan kesadaran akan pentingnya lingkungan hidup.

"Bukan hanya pembangunan dan kemajuan penting, tapi bagaimana kita tetap mencintai lingkungan hidup kita, tetap bisa memastikan ekosistem di dalamnya berjalan dengan baik," ucapnya.

Wali kota juga mengajak para pendidik, khususnya di sekolah agar benar-benar menanamkan kesadaran menjaga lingkungan hidup pada anak didik dan generasi muda.

Ia juga menyebutkan saat ini di wilayah ibu kota Provinsi Sumatera Utara sudah banyak pihak yang mengolah sampah menjadi barang yang bisa digunakan kembali.

"Kami mengharapkan sekolah-sekolah dapat menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan hidup," tutur Bobby.

Baca juga: Wali Kota Medan luncurkan bus listrik BRT Mebidang koridor 1

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024