Jakarta (ANTARA) - Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Aryo Seno Bagaskoro, meyakini capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo lebih menguasai tema debat kelima Pilpres 2024 karena lebih sering bertemu masyarakat dan sangat memahami permasalahannya.

Seno mengatakan debat kelima mengangkat tema kesejahteraan sosial, kebudayaan pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi dan menyebut tema-tema itu sangat relevan dengan program pasangan Ganjar-Mahfud.

“Dalam tema debat kali ini, kami yakin Pak Ganjar sangat menguasai. Sebab sumber pemahaman beliau adalah pengalaman menjadi anggota DPR selama dua periode, dilanjutkan menjadi gubernur Jawa Tengah dua periode,” kata Seno dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Jakarta, Senin.

Baca juga: TPN: Ganjar-Mahfud adalah pilihan logis bagi kepemimpinan RI

Menurut Seno, Ganjar terus berkeliling ke seluruh wilayah di Indonesia untuk mendengarkan secara langsung kebutuhan rakyat dari dekat.

“Seluruh rekam jejak itu menuntut kepiawaian merancang kebijakan setelah mendengarkan persoalan sehari-sehari yang identik dengan problem pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan. Yang mana ini semua adalah tema-tema utama yang akan dibahas dalam debat,” ujarnya.

Ganjar-Mahfud mempunyai 21 program unggulan. Orientasi utama dari program-program itu adalah menyiapkan manusia Indonesia yang unggul.

Baca juga: Ganjar janjikan pendidikan gratis dalam kampanye di Yogyakarta
Baca juga: Ganjar ingin rancangan pembangunan ramah untuk penyandang disabilitas


Menurut Seno, semuanya akan dilakukan dengan bergerak cepat, bekerja keras, dan memberantas korupsi.

“Beliau (Ganjar-Mahfud) merancang program, antara lain satu keluarga miskin satu sarjana, satu desa satu faskes satu nakes, internet gratis untuk pelajar, sekolah gratis tanpa pungli, dan lain-lain,” kata Seno.

Ganjar-Mahfud juga menyiapkan program KTP Sakti yang akan memangkas birokrasi melalui digitalisasi dan penguatan penggunaan teknologi informasi.

"Prinsipnya 'No one left behind', tidak boleh ada satupun yang tertinggal dalam peta jalan kesejahteraan yang pemerintah buat," ujarnya.

“Jadi melalui program-program ini, kata kuncinya ada pada distribusi akses. Beliau berdua berkomitmen untuk melaksanakan program-program yang menyediakan ekosistem yang mencerdaskan dan sehat, bukan semata-mata melestarikan program yang sifatnya tidak membangun kemandirian,” tuturnya lagi.

Baca juga: Di Simalungun, Mahfud janji permudah pendirian rumah ibadah

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.
 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024