Jakarta (ANTARA) - Pelatih tim nasional U-20 Indra Sjafri mengatakan dirinya menjalin komunikasi dengan para pelatih tim-tim Piala Suratin serta Elite Pro Academy (EPA), untuk menunjang tugasnya membentuk timnas.

Hal itu disampaikan Indra saat ditemui sebelum memimpin latihan tim di Lapangan Latihan A, Komplek Gelora Bung Karno, Jakarta, Senin.

“Seperti yang telah saya sampaikan, kami memastikan siapa sih sebenarnya pemain-pemain yang kualitasnya kami inginkan dan masuk dalam kualifikasi. Oleh sebab itu, dari parameter tes yang kita lakukan sebelumnya, dari dua kali ujicoba ini, beberapa kali internal game, menjadi catatan kami nanti untuk nanti di akhir bulan ini untuk melakukan evaluasi, siapa yang lanjut dan siapa yang akan dipanggil. Terutama kami sedang berkomunikasi dengan para pelatih Piala Suratin dan para pelatih EPA,” tutur Indra.

Baca juga: Indra Sjafri jadikan laga uji coba sebagai saringan pemain timnas U-20

“Konteks kami berkomunikasi dengan pelatih-pelatih EPA, Suratin terutama ya, adalah konteks dalam meminta informasi siapa sih pemain-pemain berkualitas, terutama yang tingginya di atas 175 cm,” tambahnya.

Timnas U-20 pada Selasa (30/1) besok akan melakukan pertandingan ujicoba melawan Uzbekistan U-20, di Stadion Madya, Jakarta. Pertandingan itu merupakan bagian dari rangkaian proses pembentukan timnas U-20, yang dipersiapkan untuk mengikuti sejumlah turnamen seperti Piala AFF U-20 dan kualifikasi Piala Asia U-20.

Sebelumnya, timnas U-20 menelan kekalahan 1-2 dari Thailand pada pertandingan ujicoba Jumat (26/1) silam.

Baca juga: Hasil uji coba U-20: Indonesia kalah 1-2 dari Thailand

Untuk menghadapi Uzbekistan, Indra menyebut timnya tidak melakukan persiapan khusus, sebab laga itu hanya bagian dari periodisasi pembentukan tim semata.

“Tidak, tidak ada (persiapan khusus), biasa saja. Yang jelas kami melaksanakan road map yang kami punya, periodisasi yang kami punya, dan ada dua kali uji coba, 26 dan 30. Dan di situ kami melakukan aktualisasi dan itu saja. Yang spesifik dalam rangka menghadapi Uzbek tidak ada. Kami konsen ke tim kami,” ujar Indra.

Sebelumnya, Indra sempat menyampaikan bahwa tim asuhannya berencana melakukan ujicoba melawan klub Korea Selatan, Suwon. Namun ia mengatakan bahwa kepastian mengenai hal itu baru akan diketahui besok.

“Besok ada kepastian, kan siang diberi tahunya (oleh PSSI). Tapi kalau tidak ada Suwon, kami tetap ada ujicoba. Kami pastikan dulu,” pungkasnya.

Baca juga: Indra Sjafri akui tidak cari hasil di laga uji coba lawan Thailand U20
Baca juga: Pelatih nilai ada kesalahan pada cara berlari para pemain timnas U-20


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024