Hari ini sudah kita resmikan gedung dan pelayanan Samsat layanan tanpa turun yang terletak di lingkungan Perkantoran Gubernur Babel, kami berharap pelayanan mudah ini bisa meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak
Pangkalpinang (ANTARA) - Badan Keuangan Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung meresmikan pelayanan sistem administrasi manunggal satu atap (Samsat) layanan tanpa turun untuk memudahkan wajib pajak membayar pajak kendaraan bermotor.

"Hari ini sudah kita resmikan gedung dan pelayanan Samsat layanan tanpa turun yang terletak di lingkungan Perkantoran Gubernur Babel, kami berharap pelayanan mudah ini bisa meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak," kata Kepala Badan Keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Babel M. Haris di Pangkalpinang, Selasa.

Ia mengatakan pelayanan samsat corner, samsat gerai, samsat keliling, samsat setempoh dan pelayanan di pusat perbelanjaan, pelayanan publik Kabupaten Bangka dan samsat layanan tanpa turun (drive thru) merupakan wujud komitmen Bakeuda Babel untuk terus meningkatkan inovasi pembayaran pajak.

"Inovasi yang dikembangkan ini untuk meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pajak," ujarnya.

Menurut dia, samsat layanan tanpa turun bisa menjadi alternatif tempat pembayaran pajak kendaraan bermotor tahunan untuk ASN dan masyarakat yang ada di sekitar kompleks Perkantoran Gubernur Babel.

Samsat layanan tanpa turun ini sudah mulai uji coba sejak 2 Januari 2024 dan hingga 29 Januari 2024 tercatat telah memberikan pelayanan pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) sebanyak 416 unit dengan realisasi pokok PKB sebesar Rp363 juta dan denda Rp23,1 juta.

Pelayanan samsat drive thru dibuka pukul 08.00-16.00 WIB setiap Senin sampai Sabtu. Wajib Pajak cukup membawa KTP atau kartu identitas dan STNK kendaraan dan dalam hitungan menit sudah selesai proses tanpa harus mengantre.

Bersama dengan pembina samsat daerah, kepolisian dan jasa raharja, Bakeuda Babel telah merencanakan dan sepakat, pelayanan samsat layanan tanpa turun akan ditingkatkan untuk pembayaran PKB lima tahun, sekaligus juga pencetakan plat nomor polisi kendaraan.

"Dengan begitu kita dapat melayani masyarakat wajib pajak yang ingin melakukan pembayaran PKB tahunan, PKB lima tahun dan memfasilitasi plat kendaraan. Insya Allah, direalisasikan dalam APBD perubahan 2024," ujarnya.

Gedung Samsat layanan tanpa turun yang diresmikan Selasa (30/1) ini memiliki luas bangunan 35 meter persegi, menempati lahan seluas 940,5 meter persegi yang dibangun menggunakan APBD perubahan 2023 dengan nilai Rp1,4 miliar.

Penjabat Gubernur Babel Safrizal ZA mengapresiasi inovasi yang dilakukan Bakeuda Babel dan berharap layanan ini bisa menjadi inovasi alternatif pembayaran pajak kendaraan bermotor untuk masyarakat sekitar dan ASN Pemprov Babel agar kewajiban membayar pajak kendaraan bermotor dapat terlaksana.

Baca juga: Bakeuda Babel mengujicobakan samsat layanan tanpa turun

Baca juga: Warga bayar PKB di Samsat Drive Thru Rajabasa karena prosesnya cepat

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta/Elza Elvia
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024