Nanti di awal Februari sudah masuk penghitungan IHK di Kerinci
Jambi (ANTARA) - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jambi menambah Kabupaten Kerinci menjadi daerah penghitungan inflasi mulai Januari 2024.

"Nanti di awal Februari sudah masuk penghitungan IHK di Kerinci," kata Kepala BPS Provinsi Jambi Agus Sudibyo di Jambi, Selasa.

Agus mengungkapkan terpilihnya Kabupaten Kerinci sebagai daerah survei Indeks Harga Konsumen (IHK) mulai 2024 bukan tanpa alasan sebab daerah itu menjadi representasi dari beberapa kabupaten di Provinsi Jambi.

Selain itu, secara perekonomian, Kabupaten Kerinci termasuk kuat karena memiliki sektor perkebunan dan pertanian yang baik.

Sebelumnya, BPS Jambi memiliki dua lokasi survei IHK yaitu Kota Jambi dan Muaro Bungo.

Baca juga: BPS ingatkan Pemprov Jambi jaga pasokan beras di pasaran

Baca juga: BPS Jambi: Perlu optimalisasi industri mendongkrak pertumbuhan ekonomi


Gubernur Jambi Al Haris menyambut baik langkah penambahan lokasi survei IHK oleh BPS Jambi ini.

Haris mengatakan bencana banjir yang terjadi di Kerinci sejak Desember 2023 hingga Januari 2024 juga akan memberikan pengaruh untuk penghitungan inflasi untuk Januari 2024.

"Pasti ada pengaruhnya, nanti kita lihat awal Februari," kata dia.

Sementara itu, inflasi Jambi pada Desember 2023 di angka 3,22 persen year on year (yoy). Adapun komoditas yang masih menjadi penyumbang utama inflasi adalah cabai merah dan beras.

Dia mengatakan bahwa Pemprov Jambi terus berupaya melakukan langkah penanganan inflasi di antaranya melakukan operasi pasar terutama pada daerah penghitungan inflasi.

Bank Indonesia Provinsi Jambi juga menyambut baik penambahan lokasi perhitungan inflasi ini.

Ke depan kondisi pasokan pangan maupun harga komoditas di Kerinci yang masuk perhitungan IHK akan mempengaruhi angka inflasi Jambi.

Baca juga: BPS Jambi nilai intervensi komoditas pangan oleh TPID berhasil

Baca juga: BPS catat penurunan harga pangan picu deflasi Kota Jambi dan Bungo

Pewarta: Tuyani
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024