Jakarta (ANTARA) - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mewakili pemerintah Indonesia menerima kunjungan dari negara Finlandia yang diwakili Menteri Kerja Sama Ekonomi Finlandia Wille Rydman membahas kerja sama mengenai infrastruktur digital.

"Dengan melihat kekuatan dan potensi pertumbuhan di kedua negara, saya yakin kita dapat mempromosikan pertukaran pengetahuan, peningkatan kapasitas, penelitian dan pengembangan, serta berbagi praktik terbaik terutama dalam infrastruktur digital," ungkap Menkominfo Budi Arie Setiadi usai pertemuan itu berlangsung di Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Selasa.

Menurut Budi, saat ini Indonesia telah menjadi salah satu negara yang termasuk aktif untuk mendorong pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk agar dapat menciptakan pertumbuhan ekonomi dan pembangunan nasional.

Ia menjelaskan bahwa Indonesia dengan giat mendukung terciptanya inovasi digital lewat kolaborasi agar transformasi digital bisa terjadi.

Baca juga: Kemenkominfo siapkan infrastruktur percepat transformasi digital

Semangat itu juga dituangkan dalam Visi Indonesia Digital 2045 yang turut dibahas dalam pertemuan antar Finlandia dan Indonesia.

Ia menyatakan dengan pertumbuhan ekonomi dan populasi yang beragam, Indonesia berupaya mewujudkan Visi Indonesia Emas 2045 untuk menjadi negara dengan ekonomi terkuat kelima di dunia.

"Kami baru-baru ini meluncurkan Visi Digital Indonesia 2045 sebagai upaya untuk mendukung terwujudnya Visi Indonesia Emas 2045," ungkapnya.

Tak hanya membahas pengembangan infrastruktur digital di Indonesia, dalam pertemuan itu Menkominfo turut mengapresiasi Finlandia yang terkenal dengan kemajuan teknologi dan inovasinya serta infrastruktur teknologi yang kuat telah lama menjadi pemimpin global di sektor TIK.

Menkominfo Budi Arie Setiadi didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Kominfo Mira Tayyiba, Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Wayan Toni Supriyanto, dan Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Semuel A. Pangerapan.

Sementara Menteri Kerja Sama Ekonomi Finlandia Wille Rydman didampingi Duta Besar Finlandia untuk Indonesia Pekka Kaihilahti.

Baca juga: Pusat manufaktur China akan tingkatkan infrastruktur digital

Baca juga: Menkominfo harap Mastel terus berkontribusi majukan sektor telematika

Baca juga: Jokowi: Pemborosan belanja infrastruktur digital harus dicegah

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024