Borong (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT) memprioritaskan distribusi logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ke area atau wilayah terjauh di daerah itu.
 
"Ada beberapa jalur distribusi logistik pemilu yang melewati kabupaten tetangga seperti lewat Kabupaten Manggarai untuk distribusi logistik di Manggarai Timur bagian utara. Lalu, Kecamatan Elar dan Kecamatan Elar Selatan kami melalui Kabupaten Ngada, karena akses jalan lebih menjanjikan dan lancar," kata Ketua KPU Kabupaten Manggarai Timur Adrianus Harmin di Borong, ibu kota Kabupaten Manggarai Timur, Selasa.
 
Dia menjelaskan distribusi logistik pemilu di area terjauh akan dilaksanakan pada 10-11 Februari 2024 dan pihaknya telah membangun koordinasi dan komunikasi dengan kepolisian untuk mengawal distribusi logistik.
 
"Persiapan kami untuk memastikan tepat jenis, tepat waktu semua logistik sampai di TPS (tempat pemungutan suara)," katanya.
 
Lebih lanjut untuk distribusi logistik pemilu KPU Manggarai Timur akan menggunakan jasa kendaraan setempat atau kendaraan yang dimiliki warga.
 
"Kami menggunakan jasa kendaraan setempat, jadi di beberapa desa ada pengusaha lokal yang memiliki kendaraan. Kalau kurang kami hubungi pemilik kendaraan di Kota Borong atau di ibu kota kecamatan, yang pasti kami memakai kendaraan setempat karena mereka tahu topografi, tentu sopir memiliki keahlian untuk kendalikan kendaraan saat jalan terjal, sehingga hal ini kami pertimbangan untuk memastikan aman," jelasnya.
 
Dia menjelaskan penggunaan jasa kendaraan setempat yang mengedepankan kelayakan kendaraan itu telah dilakukan pada pemilihan umum sebelumnya.
 
"Situasi ini kami sangat berpengalaman pada pemilihan umum 2009, 2014 dan pemilihan umum 2019. Topografi dan jalur masih sama, memang sudah ada beberapa jalan yang sudah bagus tapi secara keseluruhan masih dibutuhkan kerja ekstra kita dan koordinasi lintas sektor untuk memastikan distribusi logistik sampai TPS. Ada kontrak dan kerja sama yang akan kami bangun," jelasnya.
 
Terkait logistik pemilu, kata dia, seluruh logistik pemilu akan dibungkus menggunakan plastik untuk memastikan kondisinya tidak rusak selama proses distribusi.
 
"Logistik di dalam kotak kami taruh dalam plastik, taruh dalam kotak pemilu dan kotak pemilu kami bungkus dengan plastik besar untuk didistribusikan. Lalu setiap mobil yang angkut logistik, kami sudah komitmen dengan PPK dan PPS yang bawa mobil ke KPU selalu menyiapkan terpal dan ban serep," katanya.
 
KPU Manggarai Timur memastikan seluruh logistik pemilu untuk 911 TPS yang tersebar di 176 desa/kelurahan di 12 kecamatan akan terdistribusi pada 13 Februari 2024.
 
"Surat suara, kotak suara, perlengkapan pemungutan suara sudah siap," katanya.

Baca juga: Pemprov DKI kerahkan 3.838 personel Satpol PP amankan proses pemilu
Baca juga: KPU Situbondo targetkan pengemasan logistik rampung 4 Februari

Pewarta: Gecio Viana
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024