Jakarta (ANTARA) - Kuasa Usaha Ad Interim KBRI Seoul Zelda Wulan Kartika menyampaikan beberapa program kerja sama Indonesia-Korea Selatan yang akan diadakan sepanjang tahun 2024.

Dalam acara arahan pers KBRI Seoul yang dipantau secara daring di Jakarta, Rabu, Zelda mengatakan bahwa kerja sama yang erat dan solid antara Indonesia dan Korea Selatan akan memberi manfaat bagi kedua negara dan masyarakat, kawasan, dan dunia.

Dia melanjutkan, dalam bidang keamanan, akan diselenggarakan acara seperti dialog strategis antara Wakil Menteri Luar Negeri dan pertemuan bilateral pejabat senior (SOM) Indonesia-Korea Selatan sebagai pertemuan pendahuluan tingkat menteri pada pertemuan Komisi Gabungan Kelima.

Selain itu, KBRI Seoul akan menjadi tuan rumah pertemuan pada Indonesianis di Korea Selatan untuk berbagi pengetahuan dan keahlian kebijakan untuk membangun kapasitas dan meningkatkan kesadaran di kawasan.

Indonesia juga akan memperkuat kerja sama dalam bidang ekonomi dan perdagangan dengan Korea Selatan dengan memanfaatkan Perjanjian Kemitraan Ekonomi Komprehensif Indonesia-Korea (IK-CEPA) dan Kemitraan Ekonomi Komprehensif Regional (RCEP) yang berlaku sejak 2023.

“Kami juga akan mendorong kerja sama mengenai sertifikasi halal, terutama setelah akreditasi dua entitas Korea oleh otoritas Halal Indonesia untuk menerbitkan sertifikasi halal yang diakui bersama,” ujar Zelda.

Dalam bidang pendidikan, Zelda menyampaikan bahwa KBRI Seoul akan terus membina program kerja sama dan pertukaran budaya seperti program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Korea dan pelaksanaan proyek Rumah Indonesiana.

Zelda juga menyebutkan bahwa Indonesia-Korea telah menandatangani nota kesepahaman (MoU) untuk meningkatkan perlindungan bagi pelaut Indonesia yang bekerja di kapal Korea Selatan.

“Kami akan terus berkoordinasi dengan Kementerian Ketenagakerjaan Indonesia dan Badan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia serta Kementerian Kelautan dan Perikanan Korea Selatan untuk menyelesaikan pengaturan pelaksanaannya,” kata Zelda.

Baca juga: KBRI Seoul imbau WNI di Korsel untuk jaga kerukunan jelang pemilu
Baca juga: Indonesia terpilih jadi ketua Pokja Pariwisata ASEAN Korea Centre
Baca juga: KBRI Seoul, mahasiswa HEAT luncurkan buku 50 tahun RI-Korea


Pewarta: Cindy Frishanti Octavia
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2024