Kotabaru (ANTARA) - Polres Kotabaru di jajaran Polda Kalimantan Selatan mengawal distribusi logistik pemilu 2024 ke pulau terluar yakni Kecamatan Pulau Sembilan di Kabupaten Kotabaru yang mulai dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat secara bertahap.

"Jarak tempuh melewati jalur laut menggunakan kapal membutuhkan waktu sekitar delapan jam dari Pelabuhan Pelindo III Stagen ke Pulau Sembilan di Marabatuan," kata Wakapolres Kotabaru Kompol Agus Rusdi Sukandar di Kotabaru, Rabu.

Dia mengatakan sejumlah logistik pemilu seperti 95 kotak suara dan 76 bilik suara untuk 19 tempat pemungutan suara (TPS) di Pulau Sembilan diangkut dengan menggunakan kapal tol laut KM Perintis ke pulau terluar itu.

Agus pun mengingatkan kepada personel agar dapat mengawalnya dengan sungguh-sungguh sehingga tidak ada barang yang rusak karena pengangkutan logistik pemilu tersebut menempuh jarak cukup jauh dan medan perairan dengan gelombang tinggi di laut, 


"Kemudian mengutamakan keselamatan seluruh personel termasuk petugas KPU dan Bawaslu yang ikut serta dalam rombongan bersama awak kapal," ujarnya.
Wakapolres Kotabaru Kompol Agus Rusdi Sukandar saat mengecek pengangkutan logistik pemilu di kapal KM Perintis menuju ke Pulau Sembilan di Marabatuan, Rabu (31/1/2024). (ANTARA/Firman)


Agus menyebut pergeseran lebih awal logistik pemilu ke Pulau Sembilan yang letaknya di sebelah timur berbatasan dengan Selat Makassar dan sebelah selatan dan barat dengan Laut Jawa, disebabkan karena mengikuti jadwal kapal KM Perintis.

Adapun jadwal kapal berikutnya pada 8 Februari 2024 digunakan KPU untuk pergeseran surat suara ke beberapa pulau kecil yang masuk wilayah Kecamatan Pulau Sembilan seperti Pulau Maradapan dan Pulau Mata Sirih.

"Jadi tanggal 8 Februari seluruh logistik pemilu sudah berada di semua TPS karena tanggal 9 sampai 14 Februari 2024 tidak ada lagi jadwal kapal," ujar Agus didampingi Kabag Ops Polres Kotabaru AKP Abdul Rauf.

Kabupaten Kotabaru termasuk wilayah pesisir di Provinsi Kalimantan Selatan dengan sebagian wilayahnya terdiri dari pulau-pulau kecil yang terpisah dari daratan Pulau Kalimantan.

KPU Kotabaru mencatat daftar pemilih tetap (DPT) pemilu 2024 di daerah tersebut sebanyak 234.824 orang terdiri dari 120.887 laki-laki dan 113.937 perempuan yang menggunakan hak suaranya di 1.026 TPS tersebar di 202 desa pada 22 kecamatan.
 

Pewarta: Firman
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024