Memang pupuk ini menjadi permasalahan bukan hanya petani yang ada di Temanggung saja, tetapi menjadi permasalahan petani yang ada di seluruh Indonesia
Temanggung (ANTARA) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) Puan Maharani mendukung penambahan pupuk bersubsidi untuk memenuhi kebutuhan para petani.

"Memang pupuk ini menjadi permasalahan bukan hanya petani yang ada di Temanggung saja, tetapi menjadi permasalahan petani yang ada di seluruh Indonesia," katanya di Temanggung, Jawa Tengah, Rabu.

Ia menyampaikan hal tersebut saat mengunjungi Desa Gesing, Kecamatan Kandangan, Kabupaten Temanggung.

"Oleh karena itu kami yang ada di DPR RI akan mendorong bagaimana kemudian kementerian terkait, pemerintah kemudian memberikan solusi terkait hal tersebut," katanya.

Ia menyampaikan hal ini menjadi kebutuhan petani, apalagi pada waktu memasuki musim tanam.

"Hal ini akan saya bawa ke Jakarta, kita akan membahas APBN tahun 2025. Pasti hal ini akan saya sampaikan ke kementerian terkait bagaimana permasalahan ini bisa diselesaikan dengan baik dan benar serta solusi yang konkrit," katanya.

Ia menyampaikan hasil kopi petani di Desa Gesing 400 ton per tahun tetapi masalah pupuk belum ada solusi.

"Memang belum ada solusi, bagaimana pasokan pupuk seluruh petani lancar, dan harga pupuk murah. Yang jadi masalah pupuk bersubsidi itu berkurang terus dan memang kami dari DPR RI mempunyai komitmen untuk mencari solusi tersebut dari kementerian terkait," katanya.

Ia menyampaikan sudah minta bagaimana masalah ini segera ada solusinya. Namun pihaknya tidak akan pernah surut mencari jalan keluar terkait pupuk ini karena hal ini menjadi masalah keluarga petani.

"Bagaimana dalam ekonomi suatu wilayah itu bisa berkembang maju, unggul dan petaninya sejahtera," katanya.

Baca juga: Pupuk Indonesia gelar gebyar diskon pupuk untuk petani di Temanggung
Baca juga: 140 anak petani tembakau Temanggung ikuti pelatihan kewirausahaan

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024