Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik pada hari Rabu (31/1) menjadi sorotan mulai dari Mahfud Md. yang mengumumkan mengundurkan diri sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) sampai hasil rapat KPU RI mengenai aturan teknis debat kelima Pilpres 2024.

Berikut rangkuman ANTARA untuk berita politik kemarin yang menarik untuk kembali dibaca:

Mahfud akan serahkan surat pengunduran diri langsung ke Jokowi

Calon Wakil Presiden RI Mahfud Md. akan menyerahkan secara langsung surat pengunduran dirinya sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) kepada Presiden RI Joko Widodo.

"Saya akan melaporkan, saya sudah selesai," kata Mahfud di Lampung, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Jokowi tegaskan hargai keputusan Mahfud Md

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan menghargai keputusan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md. untuk mundur dari Kabinet Indonesia Maju.

"Itu hak, dan saya sangat menghargai," katanya pada kunjungan kerja di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Jaleswari Pramodhawardani umumkan undur diri dari KSP

Deputi V Kepala Staf Kepresidenan Jaleswari Pramodhawardani menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya di Kantor Staf Presiden (KSP), terhitung mulai Kamis, 1 Februari 2024.

"Melalui siaran pers ini, saya Jaleswari Pramodhawardani menginformasikan pengunduran diri saya dari jabatan Deputi V Kepala Staf Kepresidenan terhitung 1 Februari 2024," kata Jaleswari dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

KPU: Prabowo urutan pertama sampaikan visi dan misi di debat kelima

Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI August Mellaz mengungkapkan bahwa Calon Presiden RI Prabowo Subianto mendapat urutan pertama untuk memaparkan visi, misi, dan program pada debat kelima Pilpres 2024 yang berlokasi di Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta, Minggu (4/2).

"Kalau yang terakhir debat keempat kemarin 'kan dari pasangan calon nomor urut 1. Jadi, nanti akan dimulai dari pasangan calon nomor urut 2 dalam hal ini calon presiden, ya, dari pasangan calon nomor urut 2 Pak Prabowo Subianto," ujar Mellaz usai Rapat Final Koordinasi Penyelenggaraan Debat Kelima Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pengepakan logistik pemilu selesai 5 Februari

Komisi Pemilihan Umum DKI Jakarta mengemukakan bahwa pengaturan pengepakan (setting packing) logistik Pemilu 2024 selesai pada hari Senin (5/2) untuk menyesuaikan distribusi kebutuhan di tiap tempat pemungutan suara (TPS) tepat waktu.

"Kaitannya dengan tahapan setting packing logistik, mudah-mudahan selesai sampai 5 Februari mendatang," kata Koordinator Divisi Perencanaan dan Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Nelvia Gustina saat ditemui di Kantor KPU DKI Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024