Jakarta (ANTARA News) - Di tengah santernya rencana Google, Apple, dan Microsoft memproduksi jam pintar, perusahaan Korea Selatan Samsung Electronics mencuri start dengan mengenalkan smartwatch Galaxy Gear.

Samsung mengenalkan Galaxy Gear, Rabu (Kamis WIB), menjelang pameran teknologi IFA di Berlin, Jerman, yang digelar 6-11 September ini.

"Samsung Galaxy Gear memberi bermanfaat bagi konsumen dengan mengintegrasikan teknologi perangkat pintar lebih dalam ke dalam kehidupan mereka sehari-hari, dan menjembatani kesenjangan antara perangkat mobile dengan dunia fashion dengan menciptakan teknologi yang benar-benar bisa dikenakan," kata CEO dan Presiden Divisi IT dan Mobile Samsung Electronics, JK Shin.

Dalam pernyataannya di laman resmi Samsung Mobile, JK Shin mengatakan, dengan Galaxy Gear pengguna tidak perlu terus-menerus memeriksa ponsel pintarnya untuk tetap mempertahankan koneksi.

Pernyataan JK Shin itu merujuk pada kemampuan Galaxy Gear yang memungkinkan pengguna melihat pesan text, email, maupun pemberitahuan, bahkan untuk menerima atau melakukan panggilan telepon.

Galaxy Gear yang terhubung dengan smartphone akan memberitahu pengguna bahwa ada pesan masuk ke nomor selulernya dan menampilkan preview pesan.

Dengan speaker built-in, pengguna bisa melakukan panggilan telepon dengan perintah suara tanpa harus menyentuh perangkat. Kemudian membuat pesan, membuat entry kalender baru, mengatur alarm, dan memeriksa cuaca melalui Galaxy Gear dengan fitur S Voice.

Jam pintar Samsung itu dilengkapi kamera 1,9 megapixel yang memungkinkan pengguna bisa memotret atau membuat video mengenai aktivitas sehari-hari dan membaginya ke teman-teman melalui jejaring sosial.

Dengan Galaxy Gear pengguna juga bisa mengontrol musik yang dimainkan di perangkat Samsung Galaxy. Perangkat itu bahkan bisa memonitor pengguna dengan menampilkan data kalori yang terbakar dalam tubuh, langkah kaki hingga jarak yang telah ditempuh.

Samsung akan memamerkan Galaxy Gear di pameran IFA Berlin dan akan meluncurkannya bersama Galaxy Note 3 di lebih 140 negara di seluruh dunia mulai 25 September ini.

Galaxy Gear akan tersedia dalam enam warna, jet black, mocha gray, wild orange, oatmeal beige, rose gold, dan lime green.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013