Hingga saat ini, Zurich telah berhasil mengumpulkan 8.000 inovasi dari startup melalui kompetisi ini.
Jakarta (ANTARA) - Zurich Insurance Group memfasilitasi kolaborasi antara para startup asuransi untuk meningkatkan inovasi di industri asuransi melalui Zurich Innovation Championship (ZIC).

Kompetisi tersebut bertujuan memberikan peluang kepada startup untuk menerima pendanaan (bebas ekuitas) hingga 100 ribu dolar Amerika Serikat (AS) atau senilai lebih dari Rp1 miliar guna menciptakan solusi dalam menghadapi dinamika di industri asuransi.

“Hingga saat ini, Zurich telah berhasil mengumpulkan 8.000 inovasi dari startup melalui kompetisi ini. Melihat minat yang cukup tinggi tersebut, kami kembali mengundang para startup untuk berpartisipasi menghadirkan inovasi di bidang asuransi,” kata Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk (ZAI) Edhi Tjahja Negara dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Kompetisi Zurich membuka jaringan global yang memungkinkan peserta bekerja sama dengan Zurich secara lokal maupun global.

Kompetisi juga memungkinkan peserta mengembangkan pendekatan yang didasarkan pada keterkaitan solusi dengan kebutuhan unit bisnis, dengan peserta startup dapat mengusulkan program untuk diterapkan di negara lain.

Startup yang ingin berpartisipasi dapat mendaftar pada berbagai kategori, di antaranya Jiwa dan Kesehatan, Asuransi Komersial, Asuransi Umum, dan Penyederhanaan Digital. ZIC 2024 memilih 10 peserta terbaik dari kategori-kategori tersebut.

Startup yang berpartisipasi akan dinilai oleh tim eksekutif Zurich di masing-masing negara berdasarkan inovasi yang paling sesuai untuk industri asuransi di negaranya.

Selanjutnya, startup terpilih akan kembali dinilai oleh tim kepemimpinan eksekutif Zurich untuk menentukan pemenang di tingkat global.

Pemenang kemudian bersama-sama membuktikan bagaimana inovasi mereka dapat menjadi solusi bagi pelanggan serta industri asuransi dengan diterapkannya inovasi tersebut secara lokal hingga pada akhirnya di seluruh unit bisnis Zurich Insurance Group.

ZIC 2024 terbuka untuk startup di seluruh dunia. Pendaftaran telah dibuka pada 8 Januari 2024 hingga 14 Februari 2024.
Baca juga: Zurich Plan Protector dirilis, tawarkan pengembalian premi 200 persen
Baca juga: 1.800 petani kopi di Bener Meriah miliki asuransi risiko gagal panen


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024