Ini adalah berkas tambak udang yang sudah tidak berfungsi dengan baik karena ini model lama
Karawang (ANTARA) - Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono menuturkan, pihaknya telah memodifikasi tambak budi daya udang yang tidak berfungsi menjadi proyek percontohan (modeling) tambak budi daya ikan nila salin di kawasan Karawang, Jawa Barat.
 
“Ini adalah berkas tambak udang yang sudah tidak berfungsi dengan baik karena ini model lama, tambak inti rakyat yang dibangun pada zaman itu (orde baru) sehingga berjalannya waktu terkontaminasi dengan kotoran dan sebagainya,” ujarnya saat meninjau tambak budi daya nila salin di Karawang, Jawa Barat, Jumat.
 
Dengan luas tambak yang telah dimodifikasi sebesar 80 hektar ini, Trenggono memprediksikan modal yang telah dikucurkan pemerintah akan kembali setelah beroperasi selama tiga tahun.
 
“Tiga tahun lah (balik modal),” ujarnya pula.
 
Adapun proyek percontohan (modeling) nila salin ini terbagi menjadi dua bagian yakni blok A yang merupakan tambak produksi (existing) dengan luas 16 hektar yang terdiri dari 22 petak tambak, serta blok B dengan luas 20 hektar dengan 36 petak tambak.
 
Disusul tambahan klaster pengembangan yakni blok C seluas 20,5 hektar yang terdiri dari 36 petak serta blok B dengan luas total 23,5 hektar yang terdiri dari 56 petak tambak.
 
Tambak seluas 80 hektar yang telah dimanfaatkan ini diproyeksikan dalam satu siklus mampu menghasilkan produksi sebanyak 7.020 ton selama 8-9 bulan dengan target berat ikan per ekor mencapai 1 kilogram.
 
Berdasarkan data KKP, total dana yang dikucurkan dalam memodifikasi tambak udang menjadi tambak nila salin mencapai Rp76,6 miliar.
 
Harga pokok produksi (HPP) nila salin diproyeksikan sebesar Rp24.500 per kilogram (kg), sementara harga jual Rp30.000 per kg sehingga margin profit yang didapat sebesar Rp5.500 per kg.
 
Dengan proyeksi panen nila salin per siklus, maka nilai total penjualan mencapai Rp210,6 miliar, nilai total HPP produksi sebesar Rp171,9 miliar serta margin profit diperkirakan mencapai Rp38,61 miliar.

Baca juga: KKP dongkrak produksi ikan bandeng dengan tambak model klaster
Baca juga: KKP ingin Pemkab Gresik jaga lahan tambak bandeng dari alih fungsi

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024