... sangat mengapresiasi langkah Pak Mahfud yang mundur dari jabatan menkopolhukam demi menghormati aturan dan etika dalam kontestasi politik...
Samarinda (ANTARA) -
Sekretaris Relawan Teman Ganjar Mahfud Kalimantan Timur, Rahmat, menyatakan, pengunduran diri Mahfud MD sebagai menteri koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan untuk menjaga independensi pemilihan presiden 2024.

"Kami sangat mengapresiasi langkah Pak Mahfud yang mundur dari jabatan menkopolhukam demi menghormati aturan dan etika dalam kontestasi politik. Ini menunjukkan integritas dan komitmen beliau untuk memberikan pelayanan terbaik kepada rakyat," kata dia, di Samarinda, Kalimantan Timur, Jumat.

Baca juga: PDI Perjuangan Surabaya kenalkan Ganjar-Mahfud ke warga kampung

Ia berharap dengan pengunduran diri Mahfud MD, pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 3, Ganjar Pranowo dan Mahfud MD, dapat lebih leluasa menyampaikan visi, misi, dan program-programnya kepada publik, khususnya dalam debat capres mendatang.

"Kami yakin Ganjar dan Mahfud akan mampu memberikan solusi-solusi konkret untuk mengatasi berbagai permasalahan bangsa, seperti pemulihan ekonomi, penguatan sumber daya manusia, penegakan hukum, dan perlindungan lingkungan," ujar Rahmat.

Baca juga: Masyarakat lereng Sumbing di Temanggung berdoa untuk Ganjar-Machfud

Ia juga menyambut positif dukungan yang diberikan oleh anggota DPR dari Fraksi PDIP, Masinton Pasaribu, melalui tagar #GanjarMahfud2024 dan #AMINAjaDulu di media sosial.

Menurut dia, tagar tersebut mengandung makna bahwa pasangan Ganjar-Mahfud berpotensi untuk berkoalisi dengan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, jika masuk ke putaran kedua.

Baca juga: PDIP NTB optimis duet Ganjar-Mahfud menang satu putaran

"Kami sangat setuju dengan gagasan Pak Masinton. Kami melihat ada kesamaan visi dan misi antara Pak Ganjar, Pak Mahfud, Pak Anies, dan Cak Imin untuk membangun Indonesia yang unggul, adil, dan lestari. Kami berharap koalisi ini dapat terwujud dan menjadi solusi untuk menyelamatkan Indonesia ke depan," tutur dia.

Relawan Teman Ganjar Mahfud Kalimantan Timur, lanjut Rahmat, akan terus bergerak untuk mengkampanyekan pasangan Ganjar-Mahfud di daerah ini.

"Kami optimis pasangan tersebut akan mendapatkan dukungan yang besar dari masyarakat Kalimantan Timur, yang menginginkan perubahan dan kemajuan bagi Indonesia," harapnya.

Seorang pejabat publik mengundurkan diri pada waktu kontestasi Pemilu bukanlah sesuatu yang baru. SBY mengundurkan diri dari posisinya sebagai menteri koordinator politik, hukum, dan HAM pada saat dia maju sebagai calon presiden pada Pemilu 2004 sejak sebelum kampanye dimulai.

Pada Pemilu 2024 kali ini ada tiga pejabat publik yang maju sebagai calon presiden dan calon wakil presiden. Mereka adalah Prabowo Subianto (menteri pertahanan), Gibran Rakabuming (wali kota Solo), dan Mahfud Md yang telah mengundurkan diri walau pengunduran dirinya pada menjelang akhir masa kampanye putaran pertama. 
 

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024