Natuna (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau lakukan pengawasan pendistribusian logistik Pemilu 2024 ke panitia pemilihan kecamatan (ppk) yang berada di luar Ibukota Kabupaten Natuna atau terjauh.

Koordinator Divisi Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Natuna Sudarsono di Natuna, Jumat mengatakan, pihaknya mengirimkan dua orang untuk mengawasi pendistribusian logistik pemilu ke PPK Midai, PPK Suak Midai, PPK Serasan, PPK Serasan Timur, PPK Subi, dan PPK Pulau Panjang.

Tujuan pengawasan adalah untuk memastikan logistik yang diterima dalam kondisi baik.

"Untuk pendistribusian tadi kita kirimkan dua orang dari sini," ucap dia.

Setelah logistik di serahkan ke ppk sambung dia, pengawasan akan dilanjutkan oleh panitia pengawas pemilu (panwaslu) Kecamatan di setiap wilayah.

"Setelah itu dilanjutkan oleh panwascam di setiap wilayah," ujar dia.

Ia mengingatkan KPU untuk terus memantau proses muat dan pembongkaran logistik baik dari kendaraan laut maupun kendaraan air dan segera menegur ketika melihat petugas melakukan kesalahan saat menangani logistik.

"Logistik pemilu merupakan barang yang sangat penting, jadi pendistribusian harus dilakukan dengan cara yang baik dan benar, agar tidak terjadi kerusakan," kata dia.

Ia juga meminta KPU untuk memastikan logistik tidak rusak hingga hari pencoblosan.

"Jaga dengan baik agar logistik tidak rusak," pinta dia.

Sementara, Ketua KPU Natuna Kusnaidi mengatakan pihaknya akan terus memantau logistik yang masih berada di gudang KPU Natuna maupun yang tengah didistribusikan.

Untuk memastikan pendistribusian berjalan dengan lancar dan aman pihaknya melibatkan personel kepolisian.

Kata dia, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan pihak terkait lainnya agar pendistribusian berjalan dengan lancar.

"Kita sudah lakukan rapat koordinasi terkait pendistribusian logistik. Untuk pendistribusian tadi satu orang komisioner dan staf kita juga ikut mengantar logistik," ucap dia.

Terkait gudang penyimpanan logistik di setiap PPK sambung dia, dipastikan dalam kondisi baik.

"Kita sudah minta PPK untuk membersihkan dan memilih ruangan yang tidak bocor serta tidak ada hewan yang berpotensi merusak logistik," ujar dia.

Baca juga: KPU Surabaya mulai distribusikan logistik Pemilu ke kecamatan

Baca juga: KPU Sorong: Distribusi logistik ke distrik terjauh dilakukan pada H-6

Pewarta: Muhamad Nurman
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024