Sorong (ANTARA) - Ketua KPU Kabupaten Sorong, Papua Barat Daya Frengki Duwith menyebutkan bahwa distribusi logistik Pemilu 2024 ke distrik terjauh akan dilakukan pada H-6 dengan menggunakan mode transportasi perahu.

"Jadi distribusi logistik ke distrik terjauh menjadi skala prioritas kita, itu kita lakukan pada H-6," jelas Ketua KPU Frengki di Sorong, Jumat.

Distrik terjauh, sebut dia, Sunok, Maudus, Salawati Tengah dan Selatan, Distrik Botain, Beraur, Sengkeduk dan Distrik Klasou merupakan wilayah yang menjadi skala prioritas KPU untuk pendistribusian logistik.

Menurut dia, berdasarkan letak geografis dan luas wilayah serta akses menuju ke distrik terjauh menjadi salah satu pertimbangan untuk melakukan pendistribusian pertama logistik.

"Sementara pendistribusian logistik untuk distrik terdekat, kata dia, akan dilakukan pada H-4 atau H-3," katanya.

Selain itu, dia pun mengakui bahwa kondisi logistik di KPU Kabupaten Sorong sudah siap tanpa kekurangan dan kerusakan.

"Misalnya surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden dan DPD sudah diantar ke gudang logistik KPU dan sudah disortir dan dilipat," bebernya.

Dia mengatakan, terkait kekurangan surat suara dilaporkan secara berjenjang dari KPU Kabupaten Sorong ke KPU Provinsi kemudian selanjutnya dilanjutkan kepada penyedia melalui aplikasi logistik.

"Jadi terkait kekurangan kami sudah lapor ke sistem aplikasi, dan pada prinsipnya sudah tidak ada kekurangan surat suara untuk pemilihan presiden dan DPD dan sementara menunggu pengiriman kekurangan surat suara yang lain," ujarnya.

Sebelumnya, Plh Sekda Kepas Kalasuat melakukan kunjungan ke gudang logistik Kabupaten Sorong untuk memastikan kesiapan distribusi logistik oleh KPU setempat.

"Sudah 90 persen KPU sudah siap mendistribusikan logisitik ke 520 tempat pemungutan suara (tps) yang tersebar 30 distrik," ujarnya.

Dia juga memberikan perhatian kepada KPU Kabupaten Sorong untuk memprioritaskan pendistribusian logistik ke tps yang ada di sejumlah distrik terjauh.

"Karena mengingat letak geografis kemudian akses sehingga distrik terjauh harus menjadi skala prioritas," katanya.

Dukungan Pemerintah Kabupaten Sorong kepada KPU Sorong untuk menyelenggarakan Pemilu 2024 berjalan aman, lancar dan sukses melalui penyerahan dana hibah senilai Rp56,2 miliar.

Baca juga: Distribusi logistik daerah 3T Sultra dimulai H-7 pemilu

Baca juga: Pemkab Wondama sewa helikopter distribusi logistik pemilu ke daerah 3T

Pewarta: Yuvensius Lasa Banafanu
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2024