... kami sangat gembira karena ini adalah langkah penting untuk maju di kualifikasi."
Helsinki (ANTARA News/Reuters) - Juara bertahan Spanyol semakin mendekati putaran final Piala Dunia 2013, ketika Jordi Alba dan Alvaro Negredo masing-masing mencetak satu gol saat timnya menang 2-0 atas Finlandia di Grup I kualifikasi zona Eropa pada Jumat (Sabtu WIB).

Kemenangan di Helsinki itu memperpanjang keunggulan sang juara dunia dan Eropa atas Prancis di puncak klasemen grup kualifikasi Piala Dunia 2013 menjadi tiga angka dengan dua pertandingan tersisa. Prancis hanya mampu bermain imbang 0-0 dengan Georgia di Tbilisi.

Finlandia memiliki dua peluang bagus pada awal pertandingan di Stadion Olympic yang dipenuhi penonton, sebelum Cesc Fabregas mencungkil bola melewati para pemain bertahan pada menit ke-19 dan Alba satu kali menyentuh bola sebelum melepaskan tembakan di sela-sela kaki kiper Finlandia, Niki Maenpaa.

Ketika tuan tumah menekan lebih jauh pada fase akhir pertandingan, Xavi mengirimkan umpan kepada Jesus Navas di sisi kanan yang meneruskan bola ke sesama pemain pengganti sekaligus rekan setimnya di Manchester City, Negredo, mencungkil bola ke bagian atas dalam gawang Finlandia empat menit sebelum pertandingan usai.

Finlandia, yang menghuni peringkat ketiga di grup dan terpaut lima angka dari Prancis, memiliki peluang untuk mencetak gol pada menit ke-12 ketika Iker Casillas melakukan penyelamatan dengan kakinya, setelah bola memantul mengenai rekan setimnya, Sergio Ramos.

"Ini merupakan pertandingan sulit," kata pelatih Spanyol, Vicente del Bosque, saat diwawancarai di tepi lapangan oleh televisi Spanyol, Telecinco.

Ia mengemukakan, "Bukan karena ada kualitas hebat di tim mereka, namun mereka sangat menyulitkan kami untuk bergerak ke depan dan menemukan ruang."

"Kami menyerang sampai ke area-area yang sangat terlarang sedangkan setiap kali mereka bergerak ke depan, mereka menciptakan bahaya," ujarnya.

Selain itu, ia menyatakan, "Hal terpenting bagi kami malam ini adalah mendapatkan tiga angka yang penting, dan saya pikir semua pemain melakukan pekerjaan-pekerjaan mereka."

"Kami sekarang memiliki keunggulan tiga angka dan kami berada di posisi bagus untuk lolos," katanya.

Spanyol mengoleksi 14 angka dari enam pertandingan dan memainkan dua pertandingan kualifikasi mereka di kandang sendiri saat menjamu Belarus dan Georgia bulan depan. Mereka telah dipastikan setidaknya mendapatkan tempat di playoff dan akan mengamankan satu tiket ke putaran final jika mereka mengalahkan tim yang disebut terlebih dahulu pada 11 Oktober.

Prancis bermain melawan belarus di Gomel pada Jumat sebelum menjamu Finlandia pada 15 oktober, ketika Spanyol menjamu Georgia.

Del Bosque memberikan kejutan di tim intinya di Helsinki dengan memainkan gelandang Atletico Madrid, Koke, di posisi bek kanan yang biasanya dihuni oleh Alvaro Arbeloa.

Ia juga tetap memberi kepercayaan kepada kapten sekaligus kiper Iker Casillas, yang mencatatkan penampilan ke-150 untuk negaranya, meski pemain 32 tahun ini kerap dibangku cadangkan klubnya Real Madrid.

Victor Valdes juga dimainkan, setelah memperlihatkan penampilan bagus di awal musim bersama Barcelona.

Dengan Xavi mengatur permainan di lini tengah, Spanyol mendominasi permainan dan tidak terganggu oleh absennya sejumlah pemain kunci, termasuk Sergio Busquets, Xabi Alonso, dan Isco.

Bagaimanapun, sampai Negredo mengamankan kemenangan timnya, Finlandia masih mengancam untuk mencetak gol penyama kedudukan, seperti saat mereka bermain imbang 1-1 pada pertandingan kualfikasi di Gijon pada Maret 2013.

"Pertandingan harus dituntaskan dan kami tidak ingin terulang lagi apa yang terjadi saat melawan mereka di kandang," kata Negredo, yang bergabung dengan City dari Sevilla pada bursa transfer musim panas, kepada Telecinco.

Ia menimpali, "Mungkin mereka sedikit lebih menekan ke depan dibanding pertandingan itu dan kami menemukan beberapa ruang dan menciptakan banyak peluang."

"Namun, kami sangat gembira karena ini adalah langkah penting untuk maju di kualifikasi. Kami lebih santai setelah ini, namun kami harus tetap meraih kemenangan," ujarnya menambahkan.
(Uu.H-RF/A016)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013